RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jaga Keamanan Logistik Pemungutan Suara dari Kerusakan

Jaga Keamanan Logistik Pemungutan Suara dari Kerusakan

19 Januari 2024 21:55 WIB
Jaga Keamanan Logistik Pemungutan Suara dari Kerusakan
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia meminta KPU menaga keamanan logistik pemungutan suara dari kerusakan. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjaga keamanan logistik pemungutan suara. Khususnya dari kerusakan, jelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif pada 14 Februari mendatang. 

KPU harus memastikan semua logistik pemungutan suara sampai hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Penegasan itu disampaikan Ahmad Doli di Gedung DPR, Jumat (19/1/2024).

"Kami tetap mengingatkan kepada KPU agar menyampaikan logistik hati hati, jangan sampai rusak. Menjaga keamanan, dipastikan sampai ke tingkat yang paling jauh semuanya tanpa terkecuali, kalau segi konsepnya itu peraturan," ujarnya.

Ahmad Doli menyebut, penugasan kepada perusahaan pembuatan logistik dan perusahaan distribusi berbeda. Hal ini untuk mencegah terjadinya monopoli dan lebih fokus pengerjaan.

"Strategi pengadaan, pendistribusian, banyak hak baru dibandingkan Pemilu sebelumnya, seperti mengantisipasi hal-hal yang dikhawatirkan. Seperti proses lelang rumit mengindari adanya monopoli, pemisahan perusahaan logistik dan pendistribusian beda, agar perusahaan fokus," kata Ahmad Doli.

Selanjutnya, ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan jelang Pilpres dan Pileg. Hal itu dengan mencegah hoaks atau berita bohong, serta menyerukan kampanye dan Pemilu damai.

Pewarta: Rizki Supermana, S.Pd
Editor: Beri
Sumber: RRI