TVRI

Mengenal Kata Greenflation di Debat Cawapres

22 Januari 2024 11:46 WIB
Mengenal Kata Greenflation di Debat Cawapres

TVRINews, Jakarta

Momen menarik saat debat keempat Cawapres Pemilu 2024 antara Calon Wakil Presiden nomor urut 2 dan 3 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu, 21 Januari 2024. Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD terlibat clash saat sesi tanya-jawab antar calon wakil presiden.

Cawapres Gibran bertanya kepada Mahfud terkait cara mengatasi inflasi hijau yang disampaikan dalam istilah greenflation.

Lantas apa sebenarnya istilah greenflation yang masih awam ditelinga masyarakat ?

Menurut peneliti studi philosophy, politik dan ekonomi Universitas Warwick, Inggris, Athénaïs Gagey, yang juga menulis artikel di philonomist.com, Greenflation mengacu pada kenaikan harga bahan mentah dan energi sebagai akibat dari transisi hijau. Hal ini terjadi karena setelah pemulihan pascapandemi dan yang semakin diperburuk oleh perang di Ukraina. Ungkapan “greenflation” mencerminkan pengertian bahwa kenaikan harga dapat bersifat jangka panjang, seiring dengan upaya negara-negara untuk memenuhi komitmen lingkungannya. Meningkatnya pengeluaran untuk teknologi bebas karbon menyebabkan kenaikan harga bahan-bahan yang strategis untuk infrastruktur tersebut. 

Sementara itu, intensifikasi peraturan lingkungan hidup yang membatasi investasi pada proyek pertambangan yang berpolusi tinggi juga membatasi pasokan bahan baku, yang juga mengakibatkan kenaikan harga. Oleh karena itu, transisi hijau menjadi lebih mahal karena penerapannya lebih luas.

Contoh pajak karbon, menyebabkan harga bahan bakar naik. Hal itulah yang memicu gerakan protes Rompi Kuning di Prancis pada tahun 2018. Dari segi logam strategis, harga litium yang digunakan untuk membuat baterai mobil listrik meningkat sebesar 400 persen pada tahun 2021. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut, sementara permintaan litium diperkirakan akan meningkat sebanyak 40 kali lipat pada tahun 2040.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI