RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Mahfud Bangga Pakaian Debat Keempat Capres-Cawapres Tanpa Kimia

​Mahfud Bangga Pakaian Debat Keempat Capres-Cawapres Tanpa Kimia

22 Januari 2024 10:47 WIB
​Mahfud Bangga Pakaian Debat Keempat Capres-Cawapres Tanpa Kimia
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (kiri) bersama istri melambaikan tangan saat tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.(Foto:Antara/Indrianto Eko Suwarso)

KBRN, Jakarta: Cawapres 03 Mahfud MD mengatakan, pakaian yang dikenakannya bersama Capres 03 Ganjar Pranowo murni terbuat dari kapas. Pakaian yang dikenakannya itu, dibuat oleh tangan-tangan kreatif perempuan tanpa bahan kimia.

"baju ini merupakan aksi nyata dan harapan perempuan Indonesia untuk merawat Ibu Pertiwi kita yang sakit. Baju terbuat dari kapas yang mudah terurai secara alami, kapas ini ditanami petani perempuan di Tuban, Jawa Timur," kata Mahfud seusai melakukan debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

Mahfud mengaku, pakaian yang dipakainya dalam acara debat terakhir untuk cawapres itu dibuat dengan teknik tumpang sari. Kapas diproduksi menjadi benang dan ditenun secara manual menjadi sehelai kain.

"Pewarnaan menggunakan pewarna alami dari tanaman bukan kimia. Sehingga menghindari penggunaan 2,5 juta liter bahan kimia," ucap Mahfud.

Tidak hanya itu, Mahfud menegaskan, kancing pada bajunya itu diproduksi di Makassar. Keseluruhan bahan pakaian itu, kemudia dijahit oleh ibu-ibu di desa Badung, Bali.

"Menggambarkan semangat dan kerja keras mereka untuk memberikan penghidupan yang lebih baik bagi keluarganya di masa depan. Di mana, 100 persen dari mereka menerima upah yang layak," ujar Mahfud.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI