TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Kabupaten Solok Rampungkan Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

KPU Kabupaten Solok Rampungkan Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

22 Januari 2024 20:25 WIB
KPU Kabupaten Solok Rampungkan Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

TVRINews, Kabupaten Solok

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok berhasil menyelesaikan tahap sortir dan lipat surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Proses tersebut berlangsung selama 10 hari, dengan penanganan khusus terhadap surat suara yang rusak yang akan dibahas dalam rapat pleno.

Dalam pengumuman resmi, KPU Kabupaten Solok menyatakan bahwa semua proses penyelesaian dilakukan sesuai dengan logistik yang tiba di awal maupun di akhir waktu yang ditentukan. Jumlah total surat suara untuk seluruh jenis pemilihan mencapai 1.467.870 lembar, termasuk untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten-Kota.

Lebih dari 200 masyarakat lokal diberdayakan untuk melaksanakan sortir dan lipat surat suara selama periode 10 hari tersebut. Surat suara yang dinyatakan rusak akan segera mendapat perhatian dalam rapat pleno guna mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan.

“Meskipun ada beberapa cacat cetak, namun surat suara tersebut masih layak digunakan. Beberapa kategori cacat mencakup bintik area hitam atau cipratan tinta di luar area pencoblosan, bintik hitam kecil yang mengenai nama, nomor urut, wajah, lambang partai, dan nama partai. Selain itu, terdapat perbedaan warna surat suara namun masih senada, serta noda yang tidak mencolok di luar bidang pencoblosan dan tidak mengganggu desain secara keseluruhan," kata Komisioner KPU Kabupaten Solok, Desva Wandri Senin, 22 Januari 2023.

Saat ini, dengan memasuki musim penghujan, KPU Kabupaten Solok berharap agar pengiriman logistik untuk Pemilu 2024 dapat berjalan aman, lancar, dan tanpa kendala berarti.

Langkah-langkah persiapan ini diambil untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Solok demi terwujudnya demokrasi yang berkualitas.

Pewarta: Arie Pratama Setiawan
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI