RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bahan Alami, Pengerjaan Pakaian Mahfud Butuh Enam Bulan

Bahan Alami, Pengerjaan Pakaian Mahfud Butuh Enam Bulan

22 Januari 2024 21:55 WIB
Bahan Alami, Pengerjaan Pakaian Mahfud Butuh Enam Bulan
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (kiri) bersama istri melambaikan tangan saat tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

KBRN, Jakarta: Cawapres 03 Mahfud MD merasa bangga terhadap pakaian berbahan alami yang dipakainya saat Debat Keempat Capres-Cawapres Pilpres 2024. Karena, pembuatan pakaian tersebut membutuhkan waktu enam bulan pengerjaan.

"Dibutuhkan waktu 180 hari, enam bulan untuk tumbuh, memental, menenun dan menjahit baju. Proses ini telah menebarkan dampak positif untuk 1.500 kehidupan terdiri dari petani hingga penjahit," kata Mahfud seusai Debat Keempat Capres-Cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

Dari hasil produksi tangan-tangan para petani dan penjahit itu, Mahfud menjelaskan, berhasil memproduksi 80 ton CO2. Sekaligus, menggenerasi 30 hektare lahan melalui daur ulang sampah dan mengubah tanah kering menjadi agroforestri.

"Sebelumnya, para ibu pengrajin terdampak bahan kimia bahaya bagi kesehatan dan mencemari sumber air. Dan, tidak mendapatkan penghidupan yang layak dan pengembangan penanaman kapas asli Indonesia," ucap Mahfud.

Atas perjuangan mereka, Mahfud mengaku, menjadi lebih terinspirasi untuk lebih banyak memproduksi kapas. Karena, sekarang lebih dari 90 persen masih mengimpor kapas.

"Padahal di tahun 1940-1950 Indonesia adalah salah satu produsen kapas Global terbesar. Kisah yang saya sampaikan tadi membuktikan, bahwa kita bisa membangun Indonesia unggul yang adil dan lestari untuk rakyat," ujar Mahfud.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Beri
Sumber: RRI