RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemilu 2024, TNI Kerahkan Alutsista dan Ratusan Ribu Personel

Pemilu 2024, TNI Kerahkan Alutsista dan Ratusan Ribu Personel

23 Januari 2024 00:17 WIB
Pemilu 2024, TNI Kerahkan Alutsista dan Ratusan Ribu Personel
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar saat ini berbincang di Studio Pro3 RRI, Jakarta, Senin (22/1/2024) (Foto: RRI)

KBRN, Jakarta: Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI, Nugraha Gumilar mengatakan, pihaknya siap membantu pelaksanaan Pemilu 2024. Menurutnya, segala sarana dan prasarana sudah dipersiapkan untuk mendukung Pemilu 2024 berjalan dengan lancar.

"Kesiapan kami dalam hal mendukung Pemilu ini, menyiapkan sarana angkut alutsista darat, laut, dan udara. Hal itu untuk membantu KPU dalam mendistribusikan surat dan kotak suara hingga ke tempat pemungutan suara (TPS) yang terjauh," kata Gumilar, saat wawancara dengan RRI Pro3, Senin (22/1/2024).

Mengenai pengamanan wilayah, kata Gumilar, pihaknya siap membantu kepolisian, dengan menerjunkan 440.000 personel. Para personel akan disebar di seluruh wilayah Indonesia.

Gumilar juga menegaskan, pihaknya akan menjaga netralitas pemilu, sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Jika ditemukan adanya oknum TNI yang dianggap tidak netral atau melakukan pelanggaran pemilu, ia mengajak masyarakat untuk melaporkannya.

"Masyarakat atau media yang mengetahui dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oknum TNI, silakan laporkan. Pelaporan bisa datang langsung, melalui telepon atau melalui media sosial resmi kami," ujarnya

Gumilar berjanji akan menindak tegas jika terdapat oknum TNI yang terbukti melakukan pelanggaran pemilu. "silakan laporkan, nanti kami akan follow up (tindaklanjuti)," ucapnya

Ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi kejadian yang melibatkan oknum TNI. Informasi, masukan dan kritikan dari masyarakat, akan menjadi sebuah evaluasi untuk TNI yang lebih baik.

"Panglima TNI dan jajaran selalu mengevaluasi setiap kejadian-kejadian itu, kami evaluasi dimana kelemahannya kita akan perbaiki. Namun, pada intinya institusi TNI tentunya tidak usah diragukan lagi, dalam pelaksanaannya selalu mengutamakan keselamatan bangsa," ujar Gumilar

Pewarta: Lukman Tara
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI