RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Kota Bekasi Persiapkan Bimbingan Teknis Petugas KPPS

KPU Kota Bekasi Persiapkan Bimbingan Teknis Petugas KPPS

23 Januari 2024 07:00 WIB
KPU Kota Bekasi Persiapkan Bimbingan Teknis Petugas KPPS
Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi (tengah) saat memberikan materi Training Of Trainers Fasilitator KPPS kepada PPS se-Kota Bekasi, Senin (22/1/2024). (Foto: RRI/Leny Kurniawati)

KBRN, Kota Bekasi: KPU Kota Bekasi tengah mempersiapkan bimbingan teknis (bimtek) bagi Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Adapun bentuk persiapannya yaitu dengan menyiapkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan sebagai fasilitator bimtek.

Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi mengatakan, KPU sudah memberikan Training Of Trainers (TOT) bagi PPS. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Santika Kota Harapan Indah, Senin, 22 Januari 2024.

TOT dilakukan, agar para petugas PPS mampu menjadi fasilitator yang baik saat bimtek digelar. Terutama dalam memberikan materi modul kepemiluan pada bimtek KPPS nanti.

"Jadi kita ada 49 ribu lebih KPPS, kita akan lakukan Bimtek kepada mereka. Fasilitatornya dari PPS jadi mereka kita kasih materi sesuai modul KPU RI," kata dia. 

Dijelaskannya, modul kepemiluan tersebut diharapkan bisa dipahami oleh KPPS. Sebab modul ini isinya sama dari tingkat pusat, provinsi, kota, kecamatan, kelurahan dan KPPS atau TPS.

"Jadi apa yang kita dapat dari KPU RI harapanya bisa sampai ke KPPS. Karena modul ini sama dari KPU RI, KPU provinsi, kota, kecamatan kelurahan hingga KPPS," ujarnya

Dalam TOT tersebut, ada beberapa materi yang ditekankan kepada para PPS. Antaralain, berkenaan dengan etika badan ad hoc, pengitungan suara dan logistik.

Bimtek bagi anggota KPPS sendiri rencananya digelar pada 26 Januari 2024 mendatang selama empat hari. Bimtek ini akan diselenggarakan masing-masing PPS di setiap kelurahan.

"Adapun Panitia Pemilihan Kecamatan agar bertugas sebagai supervisi. Mereka membackup jika ada PPS yang dirasa lemah atau membutuhkan suport," kata Afif lagi.

Dalam pelaksanaanya, akan ada sejumlah kendala atau hambatan yang mungkin dijumpai. Salah satunya soal penyesuaian waktu, mengingat banyak anggota KPPS yang bekerja.

"Mungkin hambatannya kendala di waktu, soalnya banyak anggoat KPPS yang bekerja. Ya ini mungkin tinggal teknis mengaturnya bagaimana, paling akan agak sulit di situ," ujarnya mengakhiri.

KPPS merupakan petugas pemilu di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau bisa disebut petugas TPS. Di Kota Bekasi jumlahya 49.546 orang dari total 7.078 TPS, masing-masing TPS diisi 7 orang.(Leny Kurniawati)

Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: witokaryono
Sumber: RRI