TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • TPN Ganjar-Mahfud: Gibran Minim Substansi dan Gaya Bicara Overconfidence Selama Debat

TPN Ganjar-Mahfud: Gibran Minim Substansi dan Gaya Bicara Overconfidence Selama Debat

23 Januari 2024 20:54 WIB
TPN Ganjar-Mahfud: Gibran Minim Substansi dan Gaya Bicara Overconfidence Selama Debat
TPN Ganjar-Mahfud: Gibran Minim Substansi dan Gaya Bicara Overconfidence Selama Debat

TVRINews, Jakarta

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud Md, Chico Hakim memberikan pernyataan terkait debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) kedua yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

Chico menyatakan bahwa cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka dinilai minim substansi dalam menyampaikan gagasan dan pandangannya selama debat.

"Gibran ini sangat minim dalam substansi dan dia ingin menutupinya dengan gaya-gaya bicara yang sangat overconfidence," kata Chico dalam Media Discussion bertema 'Isu Pertambangan dan Hilirisasi updating di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Januari 2024.

Menurut Chico, seberapa pun matang persiapan yang dilakukan Gibran, semuanya akan sia-sia jika dia tidak bersedia menyampaikan substansi dan gagasannya dalam debat.

"Ketika orang minim substansi itu kan walaupun dia di-feeding sedemikian rupa dalam beberapa Minggu, itu enggak cukup," ujarnya.

Lebih lanjut, tegas Chico, untuk menjadi seorang ahli atau pakar, tidak cukup hanya memiliki gelar sarjana atau pernah kuliah saja. Namun, seorang ahli membutuhkan pengalaman dan waktu yang panjang untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.

"Jadi kita enggak bisa bicara orang menjadi exspert karena dia pernah kuliah, enggak. Karena dia pernah punya pengalaman dan dia adalah harus menjadi seorang pembelajar," tegas Chico.

Diketahui, dalam debat kedua cawapres yang digelar KPU pada hari Minggu, 21 Januari 2024, Gibran telah menunjukkan gerakan tubuh atau gestur yang dianggap tidak etis saat menanggapi Mahfud MD.

Awalnya, Gibran mengajukan pertanyaan mengenai komitmen Ganjar-Mahfud dalam mengatasi greenflation. Namun, ketika mendengar jawaban dari Mahfud, ia justru menunjukkan gestur yang bingung dan menoleh ke sekeliling ruangan dengan pandangan yang penuh tanda tanya.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI