RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pendidikan dan Akses Internet Jadi Perhatian Alam Ganjar

Pendidikan dan Akses Internet Jadi Perhatian Alam Ganjar

23 Januari 2024 21:25 WIB
Pendidikan dan Akses Internet Jadi Perhatian Alam Ganjar
Putra Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo, Alam Ganjar. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Putra Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yakni Muhammad Zinedine Alam Ganjar menyerap aspirasi anak muda di Yogyakarta. Beberapa aspek yang disampaikan mengenai pendidikan, ekonomi, akses internet hingga optimalisasi pemuda dalam pembangunan daerah Kulon Progo.

Menurut Alam, masih banyak masyarakat yang mempertimbangkan keberlanjutan pendidikan karena faktor biaya. Oleh sebab itu, perlunya perhatian dari pemerintah dalam memberikan fasilitas program pendidikan lanjutan secara gratis. 

"Banyak teman-teman yang mengutarakan kesulitannya sampai dia mempertimbangkan untuk kuliah atau langsung kerja. Dan itu bisa menjadi salah satu titik konkret memang ternyata dibutuhkan terkait program Satu Keluarga Tidak Mampu Satu Sarjana," kata Alam, lewat keterangannya, Selasa (23/1/2024).

Alam mendengarkan bagaimana banyak masyarakat yang belum bisa menjangkau akses internet secara merata. Karena faktanya, generasi muda yang tinggal di daerah masih kesulitan dalam mengakses internet.

Alam mengajak semua masyarakat melihat kesetaraan dan keadilan yang sama itu perlu ada peningkatan kualitas SDM dan infrastruktur penunjang. Terutama di daerah tertinggal yang ada di Indonesia. 

"Kualitas itu paling utama dan harus ada revitalisasi untuk fasilitas umum. Seperti sekolah misal yang sudah rusak dan penambahan tempat-tempat di daerah 3T," ucap Alam.

Ia mengatakan, perlunya pendataan terintegrasi dalam memberikan bantuan pendidikan tersebut yang dihimpun dalam satu KTP terintegrasi di segala sektor. Dan nanti diharapkan dapat mendorong keberlangsungan hidup masyarakat secara luas.

"Data tersebut terintegrasi oleh Satu KTP Sakti sehingga menjadi sumber satu-satunya bagaimana pemerintah bisa mendistribusikan bantuan. Salah satunya melalui program ini dan diharapkan mendorong kesejahteraan masyarakat," kata Alam.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Beri
Sumber: RRI