TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Timnas AMIN Buka Suara soal Percakapan Hoaks Anies dan Surya Paloh

Timnas AMIN Buka Suara soal Percakapan Hoaks Anies dan Surya Paloh

23 Januari 2024 22:04 WIB
Timnas AMIN Buka Suara soal Percakapan Hoaks Anies dan Surya Paloh
Foto: Co-captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Sudirman Said di Rumah Sekretariat Koalisi Perubahan, Selasa, 23 Januari 2024.

TVRINews, Jakarta

Tengah heboh di media sosial, terkait beredarnya audio yang diduga percakapan capres dengan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh.

Menanggapi hal tersebut, Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin), Sudirman Said mengatakan jika suara tersebut bukanlah rekaman asli. Tapi rekaman itu sengaja dan dibuat seolah mirip dengan suara Paloh dan Anies.

"Kalau diliat dari suaranya kan jelas ada suara bikinan sebenarnya hal itu bisa kami abaikan, tapi barang kali untuk mendisiplinkan situasi seharusnya itu diurus ya," kata Sudirman di Rumah Sekretariat Koalisi Perubahan, Selasa, 23 Januari 2024.

Terlebih, kata Sudirman, dalam audio itu terdengar Paloh dan Anies tengah membahas suatu hal yang penting melalui telepon. 

Menurutnya, keduanya tak akan membahas hal yang penting melalui telepon. 

"Pertama, itu kan tidak pernah terjadi obrolan semacam itu, yang kedua itu bukan kebiasaan Pak Surya maupun Pak Anies untuk berkomunikasi hal penting lewat telepon," ungkapnya.

Mantan Menteri ESDM itu juga menegaskan, jika pihaknya saat ini tengah mempertimbangkan apakah penyebaran audio hoaks tersebut akan di bawa ke meja hijau atau tidak.

Saat ini, kata Sudirman Tim Hukum AMIN sedang mengkaji penyebaran audio tersebut.

"Sebenarnya hal itu bisa kami abaikan, tapi barangkali untuk mendisiplinkan situasi seharusnya itu diurus ya. Yang pasti yang akan mengurus tim hukum," tuturnya.

Sebelumnya, Tengah heboh di media sosial, terkait beredarnya audio yang diduga percakapan capres dengan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh.

Dalam rekaman tersebut, Paloh mengaku malu dengan Anies usai menyatakan angin tak ada KTP.

"Mas Anies, surveimu itu selalu paling bawah, kita di partai pusing semua, koalisi juga kebingungan, gimana ini? Datamu itu ngawur, bilang angin ga punya KTP segala, saya yang malu. Haduh, nies, kesalahan masa lalu kamu itu kebanyakan sih," tutur suara yang disebut sebagai Surya Paloh dalam video hoaks.

"Saya juga merasa dibohongi nih sama si Mimin, di awal dia janjiin banyak banget hal, sampai maunya jadi ketua, tapi malah zonk. Percuma saya angkat wakil kalau enggak ada gunanya, makin kelihatan kan karena Gibran," ujarnya.

"Kalau soal Cak Mimin, saya juga sebenernya capek, Pak," ucap suara yang disebut sebagai Anies Baswedan.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI