RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Pemilu 2024, Mahfud Komitmen Jauhi Penggunaan Fasilitas Negara

​Pemilu 2024, Mahfud Komitmen Jauhi Penggunaan Fasilitas Negara

24 Januari 2024 11:13 WIB
​Pemilu 2024, Mahfud Komitmen Jauhi Penggunaan Fasilitas Negara
Cawapres 03 Mahfud MD saat menghadiri acara 'Tabrak Prof' di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024) malam. Ia berkomitmen tak manfaatkan fasilitas negara selama jadi cawapres. (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)

KBRN, Jakarta: Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menegaskan, sudah tiga bulan tidak menggunakan atau memanfaatkan fasilitas negara di masa Pemilu 2024. Di satu sisi, dirinya mengaku tetap bekerja secara profesional, menyelesaikan tugas-tugas negara sebagai Menkopolhukam.

Namun, demi menghindari politik kepentingan, Mahfud menekankan, siap mundur dari jabatannya. Diharapkannya, para capres-cawapres yang menjadi pejabat negara, dapat mencontohnya.

"Jadi saya sudah memberi syarat itu (kepada Capres 03 Ganjar Pranowo mundur dari jabatan). Tapi kenapa, tidak dilakukan sekarang, pertama, menurut aturan itu tidak di larang, kedua, saya ingin memberi contoh," kata Mahfud saat menghadiri acara 'Tabrak Prof' di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024) malam.

Jika masih menjadi pejabat negara, Mahfud menyadari, dirinya berpotensi besar terkena masalah politik kepentingan. Oleh sebab itu, Mahfud menuturkan, selalu mengerjakan tugas sebagai Menko Polhukam secara cepat.

"Kalau saya cawapres masih merangkap kedudukan saya memanfaatkan fasilitas negara atau tidak. Ini sudah tiga bulan, saya tidak pernah menggunakan fasilitas negara," ucap Mahfud.

"Saya masih berkantor di Kemenko Polhukam secara rutin, semua tugas, semua surat-surat masuk pasti selesai. Tidak sampai seminggu di meja saya, meskipun saya cawapres."

Bahkan, Mahfud menekankan, sudah meminta pejabat kepala daerah yang mengenalnya untuk tidak memberikan fasilitas kepadanya. Terutama, pada masa kampanye akbar Pemilu 2024 ini.

"Saya minta kepada pemerintah daerah yang kenal baik dengan saya, jangan menjemput saya atau mendatangi saya. Karena saya tidak mau menggunakan jabatan saya, maksud saya ini agar di tiru oleh yang lain," ujar Mahfud.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI