ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • KPU DKI gandeng kepolisian untuk jaga keamanan logistik jelang pemilu

KPU DKI gandeng kepolisian untuk jaga keamanan logistik jelang pemilu

24 Januari 2024 22:37 WIB
KPU DKI gandeng kepolisian untuk jaga keamanan logistik jelang pemilu
Arsip Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, GOR Tanah Abang, Jakarta, Senin. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggandeng kepolisian untuk menjaga keamanan logistik pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Ibu Kota.

"Untuk keamanan distribusi ke tempat pemungutan suara (TPS) kita bekerjasama dengan kepolisian," kata Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina di Jakarta, Rabu.

Nelvia menuturkan personel kepolisian nanti bertugas mengawal logistik dari gudang hingga ke TPS  untuk memastikan kondisinya aman ketika tiba di tujuan.

Selain itu, pihak KPU DKI juga melakukan pengecekan gudang logistik sebagai langkah preventif untuk menghindari potensi masalah yang dapat muncul selama proses distribusi logistik.

Terkait jumlah petugas yang dikerahkan dalam pendistribusian logistik, pihaknya bersama Kepolisian masih akan membahas lebih lanjut dalam rapat.

"Kami baru akan rakor pengamanan ini dengan kepolisian dalam waktu dekat," ujarnya.

Dengan demikian, pihak KPU DKI memastikan untuk mengawasi pendistribusian logistik berjalan lancar pada H-1 pemungutan suara atau 13 Februari 2024.

KPU DKI menyatakan distribusi tahap logistik satu selesai pada 30 Desember 2023. Sedangkan tahap logistik dua ditargetkan selesai pada 25 Januari 2024.

KPU RI  menetapkan masa kampanye untuk pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian pemungutan suara diagendakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melibatkan unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah (pemda), untuk membantu mendistribusikan logistik pemilu yang disebar ke TPS di daerah rawan bencana hingga kawasan pelosok atau terpencil di Indonesia.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Cirebon, Jawa Barat, Rabu, menjelaskan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi tersebut guna mendukung kelancaran penyaluran logistik untuk digunakan pada Pemilu 2024.
Baca juga: Legislator berharap DKI sediakan forum komunikasi demi pemilu kondusif
Baca juga: Pemprov DKI beri waktu satu minggu peserta pemilu rapikan alat peraga
Baca juga: KPU DKI maksimalkan layanan pindah pada hari ini hingga 23.59 WIB

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Sumber: ANTARA