TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Begini Tanggapan Timnas AMIN soal Bulog Berstiker Prabowo-Gibran

Begini Tanggapan Timnas AMIN soal Bulog Berstiker Prabowo-Gibran

26 Januari 2024 13:17 WIB
Begini Tanggapan Timnas AMIN soal Bulog Berstiker Prabowo-Gibran
Foto: Juru Bicara Timnas AMIN Iwan Tarigan (tengah). (TVRINews/HO-Timnas AMIN)

TVRINews, Solo

Jubir Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Iwan Tarigan memberi tanggapan terkait informasi soal beras bansos yang ditempel stiker pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Ia dengan tegas mengatakan, jika bansos bersumber dari APBN dan bukan dari pribadi seseorang atau kelompok.

“Kami dari Timnas AMIN mengutuk keras, terkait beredarnya Bansos di tempelin Stiker 02 Prabowo-Gibran. Karena, pembagian bansos dengan cara tersebut akan menimbulkan keuntungan pada pihak tertentu,” kata Iwan, Jumat, 26 Januari 2024

“Perlu kami tegaskan bahwa anggaran Bansos bersumber dari APBN dan bukan dari Pribadi atau kelompok tertentu,” sambungnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar dapat menegakkan hukuman secara tergas terkait hal tersebut.

“Kami meminta kepada Bawaslu untuk melakukan Penegakan Hukum secara tegas. Karena kami menilai ini merupakan pelanggaran berat, dan apabila bansos digunakan sebagai alat untuk menjanjikan atau memberikan kepada peserta kampanye pemilu secara langsung atau tidak langsung maka dapat dikualifikasi sebagai politik uang,” ucapnya.

“Bansos digunakan dengan cara melawan hukum secara tidak sesuai mekanisme dan peruntukannya oleh pejabat negara untuk menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu maka berlaku Pasal 547 UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” lanjutnya.

Selain itu, ia meminta adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program bansos.

“Maka dari itu kami meminta dari Timnas AMIN, perlunya transparansi dan akuntabilitas program bansos seiring dengan itu pelaksana bansos dan harus mengedepankan prinsip netralitas profesionalitas dan inklusif berkeadilan dan Masyarakat, LSM dan Bawaslu perlu mengawal pembagian bansos,” ujarnya.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI