TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Garda RSP Undur Jadwal Deklarasi Dukung Anies, Hari Ini

Garda RSP Undur Jadwal Deklarasi Dukung Anies, Hari Ini

27 Januari 2024 19:50 WIB
Garda RSP Undur Jadwal Deklarasi Dukung Anies, Hari Ini
Foto: Ketua Koordinator Relawan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) Kota Solo, Abi Ibrahim Hazmi, Sabtu, 27 Januari 2024 (Doc.TVRINews)

TVRINews, Solo

Sejumlah relawan yang mengatasnamakan Garda RSP (Relawan Suka Prabowo), menjadwalkan akan mendeklarasikan dukungannya ke pasangan capres-cawapres dengan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada hari ini, Sabtu, 27 Januari 2024.

Namun, hal tersebut diundur. Ketua Garda RSP, Abi Ibrahim Hazmi mengatakan, pengunduran jadwal ini dilakukan atas saran dari pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kemarin saya ke Bawaslu (untuk meminta izin acara deklarasi). Namun, Bawaslu memberikan kita jadwal (dan memberi saran untuk mengikuti jadwal tersebut). Jadi, kita undur sesuai jadwal,” kata dia kepada awak media termasuk tvrinews.com, di Posko TPS Gerakan Rakyat Laweyan, Surakarta, Sabtu, 27 Januari 2024.

“Sekarang kan sudah mulai masa kampanye akbar dan kita harus menyesuaikan jadwal yang ada,” lanjutnya.

Selain itu, ia menerangkan Garda RSP menjadi pendukung Prabowo pada Pemilihan Presiden 2019 lalu.

“Tapi, sekarang kita sudah pindah haluan. Walaupun sempat maju mundur, tapi InsyaAllah kali ini kami yakin dukung pak Anies,” ucapnya.

“Kita tunggu (deklarasi) di tanggal 2 Februari nanti,” sambung dia.

Sebagai informasi, Dunia perpolitikan dikejutkan dengan pengumuman bakal calon wakil presiden dari Anies Baswedan pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Anies Baswedan dengan tiba-tiba menggandeng Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi calon wakil presidennya. 

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menggelar pengundian nomor urut peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 Selasa, 14 November 2023.

Kemudian, Pasangan Calon yang mendapatkan kesempatan pertama dalam mengambil nomor undian yakni pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin). 

Proses pengambilan nomor urut dilakukan oleh Capres Anies Baswedan dengan memperoleh nomor urut 1 (Satu) untuk pasangan Anies-Cak Imin.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI