TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kunjungi Pabrik di Jombang, Atikoh : Perempuan Bisa Berkontribusi dan Dorong Kemajuan Perekonomian Bangsa

Kunjungi Pabrik di Jombang, Atikoh : Perempuan Bisa Berkontribusi dan Dorong Kemajuan Perekonomian Bangsa

29 Januari 2024 13:28 WIB
Kunjungi Pabrik di Jombang, Atikoh : Perempuan Bisa Berkontribusi dan Dorong Kemajuan Perekonomian Bangsa

TVRINews, Jombang

Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti melanjutkan safari politiknya di Jawa Timur, pada hari Senin, 29 Januari 2024, ke salah satu pabrik sepatu di Jalan Dokter Soetomo, Serning, Bareng, Kabupaten Jombang.

Atikoh disambut di halaman pabrik oleh ratusan karyawati yang mengenakan kaos polo berwarna merah muda. Ia tampak memberi salam satu persatu ke karyawati dan beberapa pekerja lainnya terlihat menunjukan tiga jari.

Usai memberi salam, Atikoh bertemu dengan pemilik pabrik sepatu dan mempersilakan Atikoh yang didampingi Wasekjen PDI Perjuangan, Sadarestuwati untuk memasuki area dalam pabrik.

Pada kesempatan itu, Atikoh menyaksikan langsung proses pembuatan sepatu, mulai dari pembungkusan, pengeleman, pengeleman hingga pemeriksaan. Lalu, ia menyebut bahwa mayoritas pekerja di pabrik tersebut adalah para perempuan.

"Luar biasa sekali karena pabrik ini merekrut hampir 1.000 tenaga kerja dan mayoritas perempuan," ujar Atikoh.

Atikoh menyampaikan bahwa pabrik tersebut telah mengambil keputusan yang tepat dengan mempekerjakan perempuan sebagai bagian dari upaya industri dalam memberdayakan perempuan. 

"Tentu ini adalah bagian dari pemberdayaan perempuan dan perempuan itu bisa jadi sosok yang mandiri dan bisa berkontribusi juga dari sisi ekonomi dan bagi penggerakan roda perekonomian baik keluarga maupun masyarakat bangsa dan negara," ujar Atikoh.

Namun demikian, Atikoh menegaskan bahwa ke depannya para karyawati harus dilengkapi dengan pendidikan yang memadai agar mereka dapat memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bersaing.

"Tentu perlu dibekali juga dengan peningkatan kapasitas, baik dari sisi secara profesional dari sisi manjemennya maupun dari sisi mereka diberi akses yang luas terkait dengan pendidikan maupun dari sisi ekonomi," kata Atikoh.

Dalam kurun waktu 30 menit, Atikoh berada di pabrik pembuatan sepatu ekspor itu. Ia kemudian menuju pintu keluar untuk menaiki bis yang akan membawanya untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI