TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Hasto: PDIP dan TPN Ganjar-Mahfud Bentuk Badan Saksi Nasional Untuk Cegah Kecurangan dalam Pemilu

Hasto: PDIP dan TPN Ganjar-Mahfud Bentuk Badan Saksi Nasional Untuk Cegah Kecurangan dalam Pemilu

30 Januari 2024 21:34 WIB
Hasto: PDIP dan TPN Ganjar-Mahfud Bentuk Badan Saksi Nasional Untuk Cegah Kecurangan dalam Pemilu
Hasto: PDIP dan TPN Ganjar-Mahfud Bentuk Badan Saksi Nasional Untuk Cegah Kecurangan dalam Pemilu

TVRINews, Jakarta 

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa PDIP dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah membentuk Badan Saksi Nasional untuk mencegah terjadinya kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu).

Badan Saksi Nasional, kata Hasto, pihaknya telah menyiapkan 1,6 juta saksi Tempat Pemilihan Suara (TPS) untuk hari pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

"Saat ini sudah ada 1,6 juta saksi yang khusus dipersiapkan oleh PDIP, by name by address, dan dilengkapi oleh sistem untuk mencegah berbagai bentuk kecurangan-kecurangan pada pemilu," kata Hasto di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Januari 2024.

Kemudian, Hasto menjelaskan bahwa pihaknya  telah menerima banyak laporan tentang kemungkinan terjadinya potensi kecurangan dari kelompok pro-demokrasi.

"Di daerah Jatim, kepala-kepala daerah kami ada yang ditelepon oleh oknum aparat yang kemudian meminta suara setiap TPS, setiap desa dapat dikumpulkan 100 suara untuk partai yang dekat dengan kekuasaan," terang Hasto.

Meskipun demikian, Hasto mengatakan bahwa tim kuasa hukum TPN Ganjar-Mahfud terus melakukan tindakan dalam menyikapi berbagai bentuk intimidasi yang muncul sebagai upaya membangun pemilu yang jujur dan adil.

"Saksi pemilu nanti punya tugas untuk mengawasi setiap suara rakyat dan gerakan-gerakan dari civil society. Kami sangat bersyukur karena akan membangun kekuatan jejaring kawal pemilu sampai tingkat TPS,” ujarnya.

"Sehingga berbagai upaya membangun pemilu jurdil melalui pengawasan secara langsung oleh rakyat, oleh kelompok pro demokrasi dan juga oleh parpol akan dilakukan dengan sebaik-baiknya," sambungnya.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI