TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Dewan Pers Undang Capres-Cawapres Sampaikan Komitmen Kemerdekaan Pers Pada 7 Februari 2024 Mendatang

Dewan Pers Undang Capres-Cawapres Sampaikan Komitmen Kemerdekaan Pers Pada 7 Februari 2024 Mendatang

31 Januari 2024 14:53 WIB
Dewan Pers Undang Capres-Cawapres Sampaikan Komitmen Kemerdekaan Pers Pada 7 Februari 2024 Mendatang

TVRINews, Jakarta

Dewan Pers akan menyelengarakan acara 'Deklarasi Kemerdekaan Pers oleh Capres dan Cawapres' pada 7 Februari 2024 di Gedung Dewan Pers. Hal tersebut bertujuan untuk menekan komitmen bersama terkait kemerdekaan pers dan nilai-nilai demokrasi.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengungkapkan bahwa pihak telah menyampaikan undangan kepada ketiga pasang Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-cawapres) untuk dapat hadir guna menandatangani pernyataan terkait komitmennya. 

"Para kandidat kami minta untuk menandatangani sejumlah pernyataan, sejumlah amanat yang berisi komitmen terhadap kemerdekaan pers dan nilai-nilai demokrasi," kata Ninik di kantor Dewan Pers, Jakarta, pada Rabu, 24 Januari 2024.

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan karena dinilai penting dalam memastikan para Capres-cawapres bersungguh-sungguh dalam berkomitmen terhadap kemerdekaan pers. 

Kenapa dewan pers sebagai pengawal kemerdekaan pers di Indonesia memiliki kepentingan untuk memastikan bahwa para capres dan cawapres bersungguh-sungguh untuk ikut memastikan kemerdekaan pers berjalan dengan sebaik-baiknya. 

"Kita semua sebagai bagian dari masyarakat ingin memastikan bahwa pemilu sebagai salah satu bentuk nilai-nilai demokrasi harus berjalan dengan sebaik-baiknya," ucapnya. 

Pada kesempatan tersebut, Ninik juga menyampaikan bahwa para Paslon Capres-cawapres dapat dipastikan untuk menghadiri kegiatan tersebut. Hal tersebut berdasarkan kesanggupan dari para Tim Sukses (Timses) para paslon dalam pertemuan bersama Dewan Pers. 

"Semua tim sukses menyatakan kesanggupannya untuk menghadirkan. Dan selain para kandidat, Dewan Pers juga akan mengundang dan turut menyaksikan para senior insan pers," tandasnya.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI