TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Kelima Capres, Prabowo Urutan Pertama Sampaikan Visi-Misi

Debat Kelima Capres, Prabowo Urutan Pertama Sampaikan Visi-Misi

31 Januari 2024 23:07 WIB
Debat Kelima Capres, Prabowo Urutan Pertama Sampaikan Visi-Misi
Debat Kelima Capres, Prabowo Urutan Pertama Sampaikan Visi-Misi

TVRINews, Jakarta

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengungkapkan bahwa pada pelaksanaan debat kelima mendatang atau debat Calon Presiden (Capres) terakhir yang mendapatkan urutan pertama memaparkan visi, misi dan juga program yakni Capres nomer urut 2 Prabowo Subianto. 

"Kalau yang terakhir debat keempat kemarin kan dari pasangan calon nomor urut 1. Jadi, nanti akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 2 dalam hal ini calon presiden ya, dari pasangan calon nomor urut 2 Pak Prabowo Subianto," kata Mellaz usai melakukan rapat koordinasi dengan penyelenggara debat kelima Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, 31 Januari 2024.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga memastikan bahwa KPU tetap menggunakan format debat yang sama dengan proses debat capres-cawapres sebelumnya.

Durasi debat keempat juga akan sama seperti debat sebelumnya, yakni 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan terdiri atas enam segmen.

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja; kemudian, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Moderator lalu akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang peserta debat, dan peserta lain akan saling menanggapi.

Terakhir, segmen keenam atau penutup adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan secara penutup. Kendati demikian, Mellaz mengatakan KPU menerima usulan agar ada penambahan waktu pada segmen keenam.

"Sempat ada usulan bagaimana kalau kemudian ada penambahan khusus, kalau segmen keenam atau closing statement yang sebelumnya durasi waktunya 2 menit disamakan dengan penyampaian visi misi 4 menit," tandasnya.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI