RRI

Berkunjung ke Venue PON Wajib Sudah Vaksin

1 Oktober 2021 16:30 WIB
Berkunjung ke Venue PON Wajib Sudah Vaksin

KBRN, Mimika: Vaksinasi menjadi syarat bagi penonton untuk bisa masuk menyaksikan seluruh pertandingan cabang olahraga di Pekan Olahraga nasional (PON) XX Papua. Hal itu, sesuai dengan intruksi pemerintah untuk menghindari penyebaran Covid-19, selama berlangsungnya ajang multi event olahraga.

Termasuk di Kabupaten Mimika yang menjadi satu dari empat cluster yang dijadikan lokasi pertandingan PON, Ketua I PB PON Cluster Mimika Yanosasari memastikan, seluruh lokasi venue sudah menerapkan prokes Covid-19. Termasuk atlet, panitia, serta penonton yang berada di venue.

“Himbauan ini kan himbauan negara, itu utama (covid -19). Pak presiden memerintahkan semua pejabat pusat ke daerah mengingatkan semua cluster menyelenggarakan harus tetap melaksanakan prokes. Terutama vaksin bagi penonton, semua wajib bisa membuktikan vaksin,” ujar Yanosa kepada RRI di Bandara Moses Kilangin Mimika, Jumat (1/10/2021).

Sementara  itu, Wakil ketua II PB PON Syarial menambahkan, vaksinasi bagi penonton tidak hanya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Melainkan juga guna mendukung rencana pemerintah mempercepat penyebaran vaksin Covid-19.

“Ini semua pelaksanaan harus aman dan sehat semua. Protokol kesehatan harus dilaksanakan. Karena vaksinasi yang kita kejar 70 persen, sehingga kita anggap itu bisa memperkuat kekebalan kelompok,” ujarnya.

Seperti diketahui, penerapan Prokes secara ketat harus dilakukan seluruh kontingen, panitia, serta masyarakat Papua untuk menyukseskan event PON. Presiden Joko Widodo tidak ingin pelaksanaan PON justru bisa menjadi cluster baru penyebaran Covid -19. (

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI