TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mantan Pimpinan KPK Apresiasi Keputusan Mahfud MD Mundur Sebagai Menko Polhukam

Mantan Pimpinan KPK Apresiasi Keputusan Mahfud MD Mundur Sebagai Menko Polhukam

1 Februari 2024 17:26 WIB
Mantan Pimpinan KPK Apresiasi Keputusan Mahfud MD Mundur Sebagai Menko Polhukam
Mantan Pimpinan KPK Apresiasi Keputusan Mahfud MD Mundur Sebagai Menko Polhukam

TVRINews, Jakarta 

Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus Direktur Eksekutif Kemitraan Laode M Syarif mengapresiasi langkah Mahfud MD yang mundur dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Laode menyatakan langkah tersebut dapat menghindari konflik kepentingan atau conflict of interest dalam kampanye saat ini. 

“Saya pikir menurut saya dengan menyatakan mundur, saya pikir itu adalah sesuatu yang sangat bagus ya untuk mengurangi conflict of interest dari para calon,” kata Laode di Gedung ACLC KPK, Kamis, 1 Februari 2024.

Lebih lanjut, Laode berharap agar calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dapat mengikuti jejak Mahfud MD. Menurutnya, Menteri yang ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 sudah sepatutnya mundur dari Jabatan. 

“Kan yang menjabat menteri ada dua, satu Pak Prabowo, satu Pak Mahfud. Pak Mahfud sekarang sudah mengundurkan diri, ya semoga saja mungkin akan lebih bagus kalau Pak Prabowo juga untuk mengundurkan diri itu dari suara masyarakat sipil,” ujar Laode. 

Sebagaimana diketahui, Mahfud MD resmi menyatakan mundur dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Hal ini diungkapkan langsung melalui siaran langsung di Instagram resmianya @mohmahfudmd pada Rabu, 31 Januari 2024.

“Saya tidak akan mengatakan apa-apa sebelum saya menyampikan ke presiden (Joko Widodo). Saya pamit dengan penuh kehormatan, saya melaporkan telah selesai,” kata dia kepada awak media, Rabu, 31 Januari 2024.

Lebih jauh, Mahfud mengaku jika hingga saat ini dirinya belum mengirimkan surat resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sudah membawa surat untuk disampaikan langsung kepda pak Presiden (Jokowi) dan surat ini akan disampaikan ketika saya mendapatkan jadwal bertemu dengan pak presiden,” ucapnya.

Pewarta: Litania Farah Maulidia Putri
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI