TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Pilpres 2024, KPU akan Diskusikan Posisi Cawapres dalam Segmen Terakhir

Debat Pilpres 2024, KPU akan Diskusikan Posisi Cawapres dalam Segmen Terakhir

2 Februari 2024 22:19 WIB
Debat Pilpres 2024, KPU akan Diskusikan Posisi Cawapres dalam Segmen Terakhir
Debat Pilpres 2024, KPU akan Diskusikan Posisi Cawapres dalam Segmen Terakhir

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan bahwa akan mendiskusikan bersama dengan Tim Sukses Pasangan Calon (Paslon) masing-masing kandidat Pilpres 2024 terkait dengan posisi tiap Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam debat terakhir atau debat kelima. 

"Kalau soal posisi cawapres pada saat segmen terakhir, nanti kami akan diskusikan sama teman-teman tim sukses pasangan calon," kata anggota KPU, August Mellaz dalam Konferensi Pers Kesiapan Debat Kelima Calon Presiden Pemilu Tahun 2024 di Media Center Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, 2 Februari 2024.

Lebih jauh, Mellaz menyampaikan bahwa pihaknya mengakui bahwa posisi cawapres dalam debat terakhir memang belum dibicarakan. Walaupun demikian, kata dia, posisi cawapres tidak akan mengurangi substansi debat terakhir.

"Secara prinsip, debat kelima ini kan diperuntukkan untuk capres. Nah, apakah nanti mendampingi atau tidak? Memang ini satu hal yang kami belum bicarakan, tetapi yang jelas debat ini untuk capres. Akan tetapi, bisa saja tidak ada persoalan tanpa mengurangi substansi apa pun karena ini khan bagian dari visi, misi bagian dari penutup, khan itu bisa saja dilakukan," ujarnya.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa mereka akan membicarakan posisi cawapres dalam debat terakhir bersama timses pasangan calon pada saat gladi kotor atau gladi resik.

"Malam ini juga akan ada semacam gladi kotor, dan itu biasanya melibatkan bukan hanya media penyelenggara, tetapi juga dari tim pasangan calon, termasuk nanti hari Sabtu biasanya ada latihan gitu, gladi resik, itu nanti kami bisa diskusikan," katanya.

Sementara itu, dia mengatakan, mereka tidak mempersoalkan apabila cawapres mendampingi capres dalam debat terakhir.

"Saya kira kalau misalnya ternyata menarik untuk kemudian dan disepakati, untuk kemudian cawapresnya juga mendampingi, menurut kami tidak ada persoalan sama sekali," tandasnya. 

Sebagai informasi, Debat kelima KPU yang akan berlangsung pada 4 Februari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, akan mengangkat isu-isu antara lain kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Stasiun televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV dan Net TV.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI