TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Janji Sumut Akan Masuk Program Pembangunan 40 Kota

Anies Janji Sumut Akan Masuk Program Pembangunan 40 Kota

2 Februari 2024 22:53 WIB
Anies Janji Sumut Akan Masuk Program Pembangunan 40 Kota
Anies Janji Sumut Akan Masuk Program Pembangunan 40 Kota

TVRINews, Tapanuli Tengah

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menuturkan jika Daerah Sumatera Utara akan menjadi salah daerah yang masuk dalam program pembangunan 40 kota.

“Kota Medan akan kita majukan dan akan menjadi 1 dari 40 kota yang didorong dalam perekonomian di Sumut,” kata dia

Lebih jauh, ia berharap dengan dibuatnya program 40 kota provinsi-provinsi di bagian Sumatera Utara dapat menaikan perekonomian.

“(Dengan menjadi salah satu dari 40 kota yang yang dibangun) pergerakan perekonomian di Sumut termasuk juga provinsi-provinsi Sumatera bagian utara ikut bergerak perekonomiannya, dengan begitu biaya hidup jadi lebih murah, karena biaya transport jadi lebih murah karena disediakan pemerintah, itu salah satu contoh,” ucapnya

Sebelumnya, Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), memiliki gagasan akan membangun 40 kota setara Jakarta. 

Anggota Dewan Pakar Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ahmad Nur Hidayat mengatakan pembangunan puluhan kota ini dinilai jauh lebih efektif untuk pemerataan pembangunan dibanding Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Nah, manakah yang paling banyak atau menurut kami paling baik untuk melakukan pemerataan pembangunan. Maka, tentunya 40 kota itu jauh lebih banyak, jauh lebih efektif, kalau kita membicarakan pemerataan pembangunan," kata dia di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Januari 2024.

Selain itu, kata Ahmad pembangunan IKN itu membutuhkan anggaran dana Rp466 triliun. Maka itu, ia mengaku jika Timnas AMIN saat ini memiliki alternatif lain dengan membangun 40 kota setara Jakarta.

Pewarta: M. Fatchur Rozaq
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI