TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Masalah Sampah Jadi Tantangan Pada Konser Salam Metal

TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Masalah Sampah Jadi Tantangan Pada Konser Salam Metal

3 Februari 2024 06:25 WIB
TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Masalah Sampah Jadi Tantangan Pada Konser Salam Metal
TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Masalah Sampah Jadi Tantangan Pada Konser Salam Metal

TVRINews, Jakarta

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan bahwa pengelolaan sampah menjadi tantangan terbesar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena negara lain sudah berhasil mengatasi masalah tersebut dengan lebih baik.

Hal itu disampaikan Heru Dewanto dalam aksi relawan peduli kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah anorganik yang bertema 'Obrolan Tentang Sampah Plastik' di Gedung High End, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Februari 2024,

Sekretaris Eksekutif TPN Ganjar-Mahfud, Heru Dewanto mengatakan bahwa permasalahan sampah di Indonesia tercatat sebanyak 17,4 juta ton sampah yang dihasilkan setiap tahunnya.

"Dari 17,4 juta ton sampah tersebut, yang sudah diolah itu sekitar 66 persennya diolah, 33 persen belum diolah. Jadi sampah plastik yang 18,4 persen tersebut Itu adalah salah satu tantangan bagi kita," kata Heru.

Kemudian, Heru menyebut Konser Salam Metal 'Nomor 3 Menang Total' menjadi salah satu tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan sampah.

"Konser salam metal nomor 3 menang total ini, melibatkan massa yang jumlahnya 100 ribu hampir 200 ribu orang, menurut rencana. Namun demikian, hal ini dikaitkan langsung ya kalau pada saat pengumpulan massa, maka salah satu tantangannya adalah masalah sampah," ujarnya.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa pengelolaan sampah merupakan hal yang bisa dilakukan. Namun bukan hanya sekedar mengumpulkan sampah, melainkan sebagai tantangan berikutnya dalam mengelola sampah tersebut.

"Yang kedua tahu bagaimana mengumpulkan sampah, tapi juga tahu bagaimana mengelola sampah atau memproses sampah itu terutama sampah plastik," ucap Heru.

Tak hanya itu, Heru mengatakan, sekitar 5 ribu pasukan penguin akan membantu dalam kegiatan kebersihan bersama pihak kebersihan dari Gelora Bung Karno (GBK) usai Konser Salam Metal 'Nomor 3 Menang Total'.

"Besok kami harapkan teman-teman nanti bersama pasukan penguin yang juga jumlahnya mudah-mudahan ratusan hingga ribuan. Saya dikasih tahu katanya sampai lima ribu, itu juga betul atau tidak, tapi kita tunggu," ujarnya.

"Pada saat selesai pasukan penguin ini membantu kebersihan di lapangan, tentu saja tim dari GBK juga akan melakukan tindakan kebersihan. Namun kebersihan dilakukan oleh teman-teman dari pasukan penguin," sambungnya.

Baca Juga: Hadiri Sarasehan DPD RI, Anies Sampaikan Penyelesaian Ketidaksetaraan Jadi Prioritas Utama

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI