RRI

Tim Futsal Papua Lolos Final PON XX

1 Oktober 2021 17:20 WIB
Tim Futsal Papua Lolos Final PON XX

KBRN, Mimika: Tim Futsal Papua akhirnya melenggang ke Babak Final PON XX Papua.

Mereka telah menumbangkan Tim Futsal Jawa Timur (Jatim) dengan skor 5-1 di GOR Futsal SP 2 Timika, Ppaua, Jumat (1/10/2021) Siang.

Bermodalkan sebagai tim tuan rumah, Papua mendapatkan dukungan pemain ke-enam atau suporter yang datang menyaksikan langsung di GOR Futsal SP 2 Timika.

Turun langsung dengan kekuatan penuh, seperti penjaga gawang Ayub Balubun, Piter Masriat sebagai kapten tim, Fransiskus Tanu, Pieter Marcelino Ireeuw dan Ardiansyah Runtuboy Papua coba menekan dan mendominasi permainan di awal babak pertama.

Namun akhirnya harus kebobolan lebih awal lewat pemain Jatim, Andhika Agraprana dimenit ke 9.

Tuan rumah Papua langsung merespon dengan langsung mencetak dua gol. dicetak oleh Piter Marchelino Ireeuw masing-masing dimenit ke10 dan 14.

Papua terus menekan. Alhasil Muhammad Najib dan Cosmos Rawar juga turut membuat gol.

Masing-masing dimenit ke-25 dan 26. Cosmos menjadi bintang lapangan dengan menutup pesta gol Tim Futsal Papua dan berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Papua atas tim Futsal Jatim.

"Hari ini kami lebih bermain menunggu dan defense, ketika Jawa Timur berbuat salah dan langsung kami menyerang," kata Pelatih Papua Futsal Daud H Arim usai pertandingan di Timika, Papua, Jumat.

Ketika ditanya mengenai gol cepat yang dibuat tim Futsal Jatim, sempat tertekan.

Namun, kata dia, para pemain Papua mampu mengembalikan keadaan dengan skor 2-1.

"Jadi, hari ini pemain tampil luar biasa. Taktik berjalan dengan baik, ini komitmen kami, baik manager, pemain dan semua yang terlibat. Kami sudah ke final dan harus juara," kata Daud.

Asisten pelatih tim Futsal Jatim Agus Himawan menyampaikan rasa syukur atas hasil yang diraih meski harus takluk dari tuan rumah, Papua.

"Kita selalu bersyukur setiap pertandingan yang kita lalui. Apa yang kita tampilkan tadi sebenarnya dibabak pertama sudah seperti apa yang kami harapkan sebetulnya. Sudah sesuai taktik dan game play yang kami setting sebelum pertandingan," kata Agus.

"Kami coba menyeting permainan baru lagi untuk mencoba memenangkan pertandingan, tapi ternyata belum berhasil, termasuk menggunakan permainan power play tapi tidak berhasil," lanjut dia.

Tapi, Agus memilih bungkam ketika ditanya kekuatan lawan Jatim, yakni Papua.

"Saya tidak bisa ngomong, Papua terlalu luar biasa, apalagi bermain dihadapan ribuan pendukungnya," pungkasnya.

Tim Futsal Papua tinggal menunggu pemenang laga antara tim Futsal Jawa Barat dan Tim Futsal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga dimainkan sore hari ini. (DNS)

Pewarta: Arnold Saudila
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI