TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Komitmen Akan Mensejahterahkan Guru dan Dosen, Dengan Kurangi Beban Administrasi

Anies Komitmen Akan Mensejahterahkan Guru dan Dosen, Dengan Kurangi Beban Administrasi

4 Februari 2024 21:39 WIB
Anies Komitmen Akan Mensejahterahkan Guru dan Dosen, Dengan Kurangi Beban Administrasi
Anies Komitmen Akan Mensejahterahkan Guru dan Dosen, Dengan Kurangi Beban Administrasi

TVRINews, Jakarta

Anies Rasyid Baswedan, Calon Presiden nomor urut 1 memiliki komitmen akan mensejahterahkan guru dan dosen di Indonesia jika dirinya menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini, ia ungkapkan saat debat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 4 Februari 2024.

"Ketika kita berbicara tentang mencerdaskan kehidupan bangsa, maka pendidik menjadi kuncinya, kita ingin pendidik bisa mendidik anak-anak kita," kata Anies.

Kemudian, Anies menerangkan jika dirinya akan mensejahterahkan pendidikan dengan cara mengurangi beban administrasi hingga memberikan penghargaan dan tunjangan.

"Kalau kita punya pegangan itu, maka terjemahannya mudah, terjemahannya atas pertanyaan, apakah tenaga pendidikan pendidik di tempat anda bertanggung jawab sudah mendapatkan penghasilan yang adil, penghasilan setara," terang Anies.

"Kemudian, penghargaan dan tunjangan bagi dosen dan peneliti yg berbasis pada kinerja. Mengurangi beban administrasi. Dosen beban administrasinya luar biasa besar. Dosen itu mengajar, meneliti, dan pengabdian masyarakat. Tapi jgn diberikan beban administrasi yg terlalu besar. Prinsipnya, ada nilainya dulu yg kita pegang, ada turunan teknisnya, dan bebaskan dari beban-beban yang tidak perlu," tutupnya.

Baca Juga: Tanggapi Soal Prioritas Anggaran Kesehatan, Prabowo: CT Scan dan PET Scan Harus Ada di Setiap Kabupaten Indonesia

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI