RRI

Hatrick Ricky Cawor Bawa Kemenangan untuk Papua

1 Oktober 2021 20:00 WIB
Hatrick Ricky Cawor Bawa Kemenangan untuk Papua

KBRN, Jayapura: Tim Papua berhasil mengunci tiket ke babak 6 besar Sepak Bola PON XX Papua, usai mengalahkan tim Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (1/10/2021) sore. 

Ricky Ricardo Cawor menjadi aktor kemenangan tim Sepak Bola Papua. Atlet muda Papua kelahiran Kabupaten Merauke ini berhasil membukukan hatrick dalam pertandingan ini. 

Tim Maluku Utara sempat unggul lebih dulu 1-0 lewat pemainnya Sunawan Rusni pada menit ke-15. Hanya butuh waktu tiga menit, Papua langsung menyamakan kedudukan melalui titik putih. Ricky Ricardo Cawor sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawang tim Maluku Utara. 

Skor 1-1 membuat kedua tim semakin melancarkan serangan untuk mencuri gol. Namun hingga babak pertama usai, tak ada tambahan gol yang tercipta. 

Di babak kedua, Papua tampil lebih dominan. Tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan Papua ke lini pertahanan Maluku Utara pun akhirnya berbuah hasil. 

Gol kedua Papua akhirnya tercipta di menit ke-64 melalui sundulan Ricky Ricardo Cawor. Gol tersebut ia hasilkan setelah memanfaatkan tendangan sudut. 

Kapten sepak bola Papua tersebut seakan menjadi momok bagi lini pertahanan Tim Maluku Utara. Pada menit ke-81, ia kembali menciptakan gol melalui sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. 

Hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gom tambahan yang tercipta. Skor 1-3 untuk kemenangan tim Sepak Bola Papua.

Pelatih Kepala Sepak Bola Papua, Eduard Ivakdalam mengaku timnya sedikit kesulitan di babak pertama meladeni permainan tim Maluku Utara. Namun berkat perubahan sistem dan pola permainan, timnya berhasil merubah keadaan di babak kedua dan memenangkan pertandingan. 

“Maluku Utara melakukan perlawanan yang luar biasa, padahal pertandingan pernana mereka tidak sebaik itu. Pemain kami juga banyak yang emosi sehingga tidak bisa kontrol game. Tapi babak kedua ada perubahan sistem, main lebih tenang, akhirnya bisa tambah dua gol lagi,” bebernya. 

Sementara itu, Ricky Ricardo Cawor juga mengaku tidak menyangka tim Maluku Utara tampil jauh lebih baik dibandingkan laga perdananya melawan Nusa Tenggara Timur. 

“Pemain Maluku Utara mungkin termotivasi melawan tuan rumah Papua jadi tampil dengan baik sehingga kami terpancing di babak pertama. Tapi babak kedua kita bisa rubah dan lebih tenang,” ujarnya. 

Tim tuan rumah Papua selanjutnya akan melakoni pertandingan terakhir di babak penyisihan grup A melawan Nusa Tenggara Timur.

Sementara Maluku Utara akan bertemu Jawa Barat dalam laga hidup mati untuk mengamankan tiket ke babak 6 besar Sepak Bola PON XX Papua.

Pewarta: Reski Kurniawan
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI