TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gerobak Sapi Jadi Alternatif KPU Pesibar Distribusikan Surat Suara ke Wilayah Terpencil

Gerobak Sapi Jadi Alternatif KPU Pesibar Distribusikan Surat Suara ke Wilayah Terpencil

6 Februari 2024 17:19 WIB
Gerobak Sapi Jadi Alternatif KPU Pesibar Distribusikan Surat Suara ke Wilayah Terpencil

TVRINews Lampung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat (Pesibar) terpaksa memilih gerobak sapi sebagai alternatif pengiriman logistik Pemilu tahun ini akibat aksesibilitas yang sangat sulit di daerah terpencil.

Hal tersebut dilakukan akibat kondisi geografis dan infrastruktur daerah terpencil yang sulit dijangkau dan tak lazim dilalui kendaraan pada umumnya.

Menurut Sekretaris KPU Pesibar, Donny Zulkarnaen mengaku, pihaknya tak mempunyai pilihan lain selain mengirimkan logistik menggunakan gerobak sapi karena hal tersebut merupakan cara paling aman agar logistik sampai dengan kondisi baik untuk dilakukan pencoblosan. 

Donny menyebut terdapat empat pekon di Kecamatan Bangkunat yang harus menggunakan gerobak sapi untuk mengangkut logistik karena jalur laut dan kendaraan trail yang biasa dipakai masyarakat sebagai transportasi utama tak memadai untuk mengangkut surat suara tersebut. 

Donny melanjutkan, pengiriman logistik pemilu menggunakan gerobak sapi ini telah dibahas dan dikomunikasikan kepada stakeholder terkait, termasuk upaya pengamanan pengiriman ke daerah terisolir, dan seluruh pihak juga telah menyetujui alternatif tersebut karena tak mempunyai pilihan lain. 

Sedangkan untuk menjaga keutuhan dan kualitas logistik pemilu sepanjang perjalanan menuju daerah terpencil, semua logistik dibungkus dengan plastik kedap air untuk mengantisipasi surat suara rusak.

“Gerobak sapi tersebut mengapa karena tidak bisa di akses oleh armada-armada lain itu sangat ekstrim jalannya sehingga yang lewat di sana gerobak sapi jadi semua kotak dan logistik itu masuk di atas gerobak sapi tersebut terkait dengan hal tersebut kami sudah berkoordinasi dengan Provinsi bahwa kendala kendala kita di saat distribusi daerah terpecil dan terluarnya ada beberapa metode yang kita gunakan yaitu terkait dengan plastik kita dobel 3 yaitu yang pertama terkait dengan isi di dalam kotak setelah itu kita plastik di dalam nya kotak itu kita pelastiki tiga lapis untuk menghindari tempis atau air masuk atau rembes,” kata Donny, dikutip Selasa, 6 Februari 2024.

Sedangkan untuk pendistribusian logistik pemilu tahun ini, KPU Pesibar akan mulai mengirimnya pada 10 Februari mendatang. Waktu pendistribusian untuk wilayah terpencil juga dipercepat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan selama proses pengiriman surat suara.

Pewarta: Andre Alessande
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI