TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sejumlah Mahasiswa di Jakarta Ajak Pemilu Damai 2024

Sejumlah Mahasiswa di Jakarta Ajak Pemilu Damai 2024

6 Februari 2024 19:42 WIB
Sejumlah Mahasiswa di Jakarta Ajak Pemilu Damai 2024
Sejumlah Mahasiswa di Jakarta Ajak Pemilu Damai 2024

TVRINews, Jakarta

Masyarakat Indonesia akan kembali melaksanakan pesta demokrasi, pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Nantinya, pada pesta demokrasi ini rakyat Indonesia akan melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) serentak. Mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan pemilihan umum legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Untuk menjaga kedamaian pemilu 2024, sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan rektor di Jakarta mengajak para masyarakat agar menjaga kondusifitas Pemilu 2024 agar tetap berjalan dengan damai. 

Salah satu rektor dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Komarudin berharap agar masyarakat dapat menjaga kondusifitas agar terlaksanakan pemilu damai di tahun 2024 ini.

"Menjelang Pemilu 2024 ini, kami menyerukan kepada semua pihak, warga kampus dan masyarakat untuk menjaga kondusifitas untuk terselenggaranya pemilu damai. Kami sebagai rektor mengharapkan kita semua bisa menciptakan kondisi pemilu damai," kata Komarudin, Selasa, 6 Februari 2024.

Pada kesempatan terpisah, Menko Humas Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jayabaya sebagai Koordinator Lapangan Kegiatan Pemilu Damai Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara DKI Jakarta menyatakan sikap dalam merespon pemilu tahun 2024.

"Kami menyatakan sikap dalam respon pemilu tahun 2024 dengan menyerukan seluruh elemen untuk konsisten dalam hal pertama, menjadikan pemilihan umum tahun 2024 terselenggara dengan damai, jujur, dan adil sebagaimana amanat konstitusi Pasal 22 UUD 1945," ucap mahasiswa.

"Dua, Kampus harus secara tegas menolak adanya politik praktis di lingkungan kampus sebagaimana termuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi nomor 55 tahun 2018 tentang pembinaan ideologi Pancasila dalam kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi," sambungnya.

Kemudian, mahasiswa dari BEM Nusantara juga mengajak untuk menjaga kondusifitas pemilu agar terselenggaranya pemilu yang damai.

"Kami dari Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara wilayah DKI Jakarta pada 5 Februari 2024, setelah berdiksui dengan teman-teman mahasiwa terkait dinamika politik khususnya Pemilu 2024 kali ini, maka kami menyadari situasi saat ini  cukup panas dengan adanya intrik politik yang berkembang masif sehingga kami secara tegas menyerukan kepada seuruh elemen baik akademisi, KPU, Bawaslu dan sebaliknya untuk konsisten dalam hal yang pertama, menjadikan Pemilihan Umum 2024 terselenggara damai jujur dan adil sebagaiaman amanat konstitusi UUD 1945," kata Mahasiswa.

"Kedua, kampus harus secara tegas menolak adanya politik praktis di lingkungan kampus. Selanjutnya kami menegaskan untuk bagaimana kita saling bahu membahu melawan hoaks, SARA dan isu-isu yang dapat memecah belah bangsa kemudian bersama-sama melawan money politik dan mengajak masyarakat agar tidak golput," pungkasnya.

Pewarta: Intan Kusumawardani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI