TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • 1.880 Petugas TPS Siap Bertugas Sukseskan Pemilu di Kota Ambon

1.880 Petugas TPS Siap Bertugas Sukseskan Pemilu di Kota Ambon

6 Februari 2024 19:49 WIB
1.880 Petugas TPS Siap Bertugas Sukseskan Pemilu di Kota Ambon

TVRINews, Ambon

Pesta demokrasi Pemilu 2024 sepekan lagi akan berlangsung. KPU selaku pihak penyelenggara telah bekerjasama dengan pemerintah daerah hingga Kabupaten demi mensukseskan Pemilu pada 14 Februari mendatang.

Guna mengawal pemilu yang jujur adil dan bersih, KPU telah membentuk dan melantik petugas TPS di Kota Ambon. Sebanyak 1.880 petugas TPS siap bertugas mensukseskan pelaksanaan Pemilu di Kota Ambon.

Dari jumlah tersebut, di setiap TPS yang tersebar di kota ambon nantinya akan ditempatkan dua petugas TPS. Perlu diketahui terdapat 940 TPS yang tersebar di Kota Ambon. Keterlibatan petugas pengaman TPS yang tersebar di 940 TPS kota Ambon, juga tidak lepas dari Peran Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Watimena. 

Bodewin mengungkapkan bahwa petugas TPS yang sudah ditetapkan KPU merupakan perwakilan desa Raja Lurah di Kota Ambon yang berperan mengawal, mengawasi proses pemungutan suara pada Pemilu mendatang.

“Soal petugas pengaman TPS itu sudah kami bantu dengan meminta kepada desa Raja lurah untuk memasukkan nama-nama yang akan mengawal 940 kali 2 berarti 1.880 petugas pernah main TPS yang masukkan kami masukkan ke KPU untuk Z ditetapkan dengan keputusan KPU dan mereka akan bertugas mengamankan mengamankan TPS,” ungkap Bodewin, Selasa, 6 Februari 2024.

Bukan hanya Petugas pengaman TPS, suksesnya pemilu mendatang juga tidak terlepas dari peran pihak terkait baik TNI, Polri maupun Linmas dari Desa atau negeri.

“TPS-TPS yang ada nantinya akan dibekap oleh aparat TNI, Polri dan Linmas yang ada di yang dimiliki oleh desa dan kelurahan yang ada,” tambahnya.

Dengan kolaborasi dan kesiapan dari berbagai pihak, Bodewin mengaku optimis pemilu di Kota Ambon nantinya dapat berjalan aman dan lancar.

Pewarta: Novita Bonara
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI