TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Soal Putusan DKPP, Sudirman Said Dorong Masyarakat Perkuat Sikap Kritis dalam Tata Kelola Negara

Soal Putusan DKPP, Sudirman Said Dorong Masyarakat Perkuat Sikap Kritis dalam Tata Kelola Negara

7 Februari 2024 03:55 WIB
Soal Putusan DKPP, Sudirman Said Dorong Masyarakat Perkuat Sikap Kritis dalam Tata Kelola Negara
Foto: Executive Co-captain Timnas AMIN Sudirman Said di Rumah Perubahan, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Januari 2024. (TVRINews/Nirmala Hanifah)

TVRINews, Jakarta

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberikan putusan sanksi kepada ketua KPU Hisyam Asy'ari yang terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu terkait penerimaan pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden 2024-2029.

Menanggapi hal tersebut, executive co-captain Timnas AMIN, Sudirman Said menekankan perlunya masyarakat, terutama kaum terpelajar, untuk memperkuat sikap kritis terhadap pengelolaan negara dan pemerintahan.

"Kaum terdidik punya kewajiban moral memberi teladan dan menentukan arah jalannya peradaban kita. Para Pemimpin, terlebih seorang presiden, memiliki tanggung jawab menjadi teladan terdepan dan contoh terbaik," kata Sudirman dalam keterangan yang diterima oleh tvrinews.com, Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024, malam hari.

Selain itu, Sudirman mengutip pernyataan FD Roosevelt Presiden ke-32 Amerika Serikat yang menyatakan peran seorang presiden bukanlah sekadar menangani urusan administrasi. Itu hanya bagian terkecil dari tugas presiden dan bukan pekerja teknis yang tingkah lakunya diukur oleh efisien atau tidaknya suatu program.

“Bangsa ini sedang menunggu kepekaan moral Presiden Joko Widodo, sebagaimana presiden-presiden yang lalu yang mencerminkan kebesaran moral seorang pemimpin,” ujarnya.

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI