TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPK Ingatkan ASN dan Aparat Negara Netral di Pemilu 2024

KPK Ingatkan ASN dan Aparat Negara Netral di Pemilu 2024

7 Februari 2024 19:57 WIB
KPK Ingatkan ASN dan Aparat Negara Netral di Pemilu 2024
KPK Ingatkan ASN dan Aparat Negara Netral di Pemilu 2024

TVRINews, Jakarta 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta aparat untuk bersikap netral atau tidak memihak kepada salah satu pasangan calon (Paslon) jelang pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. 

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron dalam Konferensi Pers ‘Ajakan Netralitas dalam Pemilu 2024’ di Gedung Merah Putih KPK, pada Rabu, 7 Februari 2024. 

“KPK juga mengingatkan kepada seluruh insan KPK, ASN dan segenap aparatur negara  untuk menjaga netralitas dalam menjalankan tugas sehari-hari dengan menghindari sikap dan perilaku yang memihak kepada salah satu peserta pemilu. Sebagai bentuk tanggungjawab dan pengabdian aparatur negara kepada bangsa dan negara,” kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, 7 Februari 2024. 

Selain itu, Ghufron memastikan agar pelaksanaan pemilu dapat terhindar dari adanya praktik money politik dan benturan kepentingan untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil. 

“KPK mengingatkan kepada seluruh pihak, baik pemerintah, penyelenggara dan peserta maupun pemilih agar melaksanakan pemilihan umum ini dengan asas jujur, adil dan berintegritas dengan menghindari politik uang maupun politik transaksional,” ujar Ghufron. 

Lebih lanjut, Ghufron menghimbau kepada masyarakat agar dapat melaporkan pengaduan kepada KPK jika menemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan pemilu saat ini. 

“Sekaligus jika menemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan pemilu ini, masyarakat dapat menyampaikan laporan pengaduan kepada KPK. Laporan Pengaduan yang disampaikan harus bersifat objektif berdasarkan data awal yang dilaporkan. Bukan atas dasar subjektivitas ataupun,” tutur Ghufron.

Pewarta: Litania Farah Maulidia Putri
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI