RRI

Pantai Khalkote, Wisata PON-XX Papua

1 Oktober 2021 21:20 WIB
Pantai Khalkote, Wisata PON-XX Papua

KBRN, Sentani: Pemerintah Kabupaten Jayapura melakukan penataan lokasi pariwisata di Pantai Khalkote yang berada di Distrik Sentani Timur, menjelang opening seremoni PON XX Papua.

Asisten ll Bidang Perekonomian Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo saat ditemui wartawan ketika memantau proses penataan lokasi di pantai Khalkote, sudah mencapai 95 persen.

“Saya melihat penataan ini sudah siap, yang mana salah satunya ada beberapa gedung untuk UMKM ini, nampaknya sudah bisa dipakai untuk oleh masyarakat setempat, oleh karena itu untuk saat ini penataannya sudah mencapai 95 persen,” kata Joko Sunaryo, Jum'at (1/10/2021).

Sementara pengunaan panggung yang dibangun sekarang oleh dinas pariwisata ini, nantinya akan digunakan sebagai pentas seni, yang mana tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat di bidang seni, dan budaya.

“Dengan adanya pentas seni, tentunya akan ada juga berbagai kearifan lokal, yakni dari pernak-pernik hingga sampai kulinernya. Oleh karena itu kami harap pada saat PON berlangsung, tempat ini bisa menjadi sentral kuliner maupun sentral budaya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, proses penataan lokasi tersebut dimulai pada akhir Bulan September dan pihaknya menargetkan pada 1 Oktober ini pekerjaannya sudah selesai, agar pada 2 Oktober sudah bisa digunakan tempatnya dalam penyambutan Kirab Api PON XX dan pentas Budaya.

“Target kami pekerjaan sudah harus selesai hari ini. Agar pada esok harinya Api PON melintasi lokasi ini, semua tempat yang ada ini sudah bisa dipakai sebagaimana mestinya,” tuturnya.

Joko mengatakan, penataan berdasarkan kerjasama antara dinas pariwisata dengan Dinkok dan UKM Kabupaten Jayapura.

Penataan disiapkan untuk pesta budaya oleh PB PON pada 5 Oktober mendatang.

Pewarta: Irfan Basri
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI