TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Polda Metro Siapkan 4.744 Personel untuk Amankan TPS Pemilu 2024

Polda Metro Siapkan 4.744 Personel untuk Amankan TPS Pemilu 2024

8 Februari 2024 11:09 WIB
Polda Metro Siapkan 4.744 Personel untuk Amankan TPS Pemilu 2024

TVRINews, Jakarta 

Polda Metro Jaya menyelenggarakan apel personel dan peralatan sebagai bentuk persiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024.

Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Hary Sudwijanto memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan Pemilu tersebut.

Dalam arahannya, Irjen Hary menyampaikan bahwa Polri telah menyiapkan berbagai langkah untuk mengamankan jalannya pemilu. Di antaranya, dengan mengerahkan ribuan personel Polri yang akan ditugaskan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat hari pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

"Sebanyak 4.744 personel seluruhnya tergelar untuk pengamanan TPS, juga nanti dibackup oleh Satgas Pusat," kata Hary saat menjelaskan kepada awak media di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Februari 2024.

Kemudian, Hary menjelaskan bahwa kondisi geografis wilayah Polda Metro Jaya dan perubahan iklim cuaca yang tidak menentu sangat memengaruhi pelaksanaan pengamanan di wilayah tersebut. Hal ini berbeda dengan Polda-polda lain yang mungkin memiliki kondisi geografis dan iklim yang lebih stabil.

"Ini membutuhkan kerja keras dan ekstra di dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif karena pusat dari Pemilu seluruhnya akan bermuara di wilayah Jakarta," ucap Irjen Hary.

Dalam upacara gelar pasukan pengamanan, Hery menjelaskan, telah melakukan pengecekan menyeluruh terhadap personel dan peralatan yang akan digunakan. Ia memastikan bahwa semua personel hadir dan dalam kondisi siap bertugas, serta seluruh peralatan berfungsi dengan baik.

"Saya optimistis Polda Metro Jaya akan bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat yang dilayani. Demikian juga peralatan yang tadi kami cek semuanya pada kondisi prima siap digunakan untuk membantu anggota di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, Hary menyatakan keyakinannya bahwa segala sesuatunya akan berjalan dengan baik dan memberikan rasa aman serta kelancaran dalam penyelenggaraan Pemilu.

Ia menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut.

"Saya yakin semua nanti akan berjalan baik dan bisa memberikan rasa aman dan kelancaran dalam kegiatan Pemilu," pungkasnya.

Pewarta: Lidya Thalia.S
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI