TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kampanye di Garut, Anies Singgung Pemekaran dengan Pengaturan Teknoratis

Kampanye di Garut, Anies Singgung Pemekaran dengan Pengaturan Teknoratis

8 Februari 2024 13:35 WIB
Kampanye di Garut, Anies Singgung Pemekaran dengan Pengaturan Teknoratis
Foto: Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dalam kegiatan kampanye di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (8/2/2024). TVRINews/HO-Timnas AMIN

TVRINews, Garut

Anies Baswedan, Calon Presiden (Capres) dengan nomor urut 1, optimis akan mendapatkan banyak suara di daerah Jawa Barat pada saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami optimis Jabar seperti di pemilu sebelumnya, yang selalu berada dibarisan perubahan. Jadi, di hari-hari terakhir kampanye akbar dan merupakan suasana yang luar biasa InsyaAllah kami semakin optimis,” kata dia kepada awak media di Garut, Kamis, 8 Februari 2024.

Selain itu, Anies menegaskan terkait pemekaran di Garut, Jawa Barat itu bukan merupakan kebijakan yang berdasarkan kepentingan.

“(Kami sudah membahas pemekaran) dengan pakar dan melihat kebutuhan dan problem yang ada. Pengaturannya bukan politis tapi teknokratis,” terangnya.

Tak hanya itu, saat melakukan kampanye Anies telah menerima aspirasi lain seperti roadmap Garut sebagai wilayah industri. Ia menegaskan, jika dirinya telah membuka opsi terkait pemekaran dalam visi dan misinya. 

Anies mengatakan, jika di Kabupaten Jawa Barat terdapat beberapa wilayah yang luas sedangkan kapasitas fiskal dan kapasitas birokrasinya tidak setara.

“Sehingga rakyat yang tinggal jauh tidak dapat pelayanan yang sama kualitas pendidikan beda, fasilitas kesehatan beda,” kata dia lagi.

Ia menilai, jika fenomena itu terjadi di Kabupaten Bogor. Membuat, aspirasi pemekaran daerah otonomi baru tak dapat dilihat sebagai sesuatu yang politis.

“Tapi teknoratis untuk bisa melayani lebih baik dan kami tampung,” papar dia.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI