RRI

Futsal Jabar Tembus Final, Kado Ultah Panca

1 Oktober 2021 23:40 WIB

KBRN, Timika: Tim Futsal Jawa Barat menyudahi perlawanan tim Futsal Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan skor tipis 1-0 pada babak semifinal Cabor Futsal PON XX Papua yang berlangsung di GOR Futsal SP 2 Timika, Jumat (1/10/2021).

Kemenangan ini juga menjadi kado istimewa bagi sang pelatih Panca Pauzi yang berulang tahun pada hari ini.

Gol semata wayang kemenangan tim Futsal Jawa Barat (Jabar) dicetak oleh pemain bernomor punggung 14, Armia Zainul Almaraghi di menit ke-9.

Sejatinya dalam jalannya pertandingan sangat menarik, dengan pertandingan justru didominasi oleh pemain NTB yang melancarkan serangannya ke gawang Jabar yang dikawal oleh Habibie.

Beberapa kali pertahanan tim Futsal Jabar ditembusi serangan pemain NTB.

Tendangan keras kerap merepotkan penjaga gawang Habibie yang dipercaya turun pada babak pertama ini.

BACA JUGA: Futsal Jabar Lolos ke Final, Tantang Papua

Jawa Barat sesekali menekan dan langsung membahayakan gawang NTB. 

Barulah memasuki menit ke-9, pemain Jabar nomor punggung 14, Armia, merobek gawang NTB lewat sepakan keras mendatar.

Usai pertandingan pelatih kepala tim Futsal Jawa Barat (Jabar), Panca Pauzi, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas kemenangan anak asuhnya dari tim Futsal NTB.

"Terima kasih buat dukungan masyarakat Jawa Barat yang sudah luar biasa mendoakan kami, dan manajemen serta pemain sampai hari luar biasa pengorbanannya," ungkap Panca di Timika, seperti dikutip RRI.co.id, Jumat (1/10/2021).

Sementara kesiapan menghadapi tim Futsal Papua di partai final, kata dia, harus mengevaluasi terlebih dahulu permainan timnya.

"Saya hari ini mau menikmati dulu hasil pertandingan ini, mau merasakan nikmatnya kemenangan hari ini, nanti kami akan fight kembali untuk partai final," imbuhnya.

Ia juga memberi apresiasi yang tinggi bagi pemain yang sudah bekerja keras di lapangan dan sudah koordinasi sampai menit akhir.

"Saya takjub juga dengan pemain NTB, walaupun baru muncul kemudian telah melakukan pembinaan dan kesiapan luar biasa sehingga bisa masuk di final," ucapnya menambahkan.

"Hari ini kebetulan saya berkurang umur, ini hadiah luar biasa bagi saya dengan kemenangan kami," ungkapnya tertawa gembira.

Sementara itu, Achmad Fauzan Azim, asisten pelatih tim Futsal NTB mengaku bersyukur walaupun belum bisa melangkah ke final. 

"Mungkin ini akan menjadi evaluasi saya, bahwa kekurangan kami ini masih tidak dapat menyelesaikan finishing di depan gawang," ujarnya.

Di final, Jawa Barat sudah dinanti tim tuan rumah Papua, yang di babak semifinal juga sukses mengalahkan tim Futsal Jawa Timur dengan skor akhir 5-1.

Partai final memperebutkan medali emas Cabor Futsal PON XX Papua, akan dimainkan Minggu (3/10/2021).

Sedangkan untuk medali perunggu akan diperebutkan oleh NTB dan Jawa Timur di hari yang sama. (Miechell Octovy Koagouw)

Pewarta: Arnold Saudila
Editor: Nugroho
Sumber: RRI