TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ketua TKN Bantah Ada Penyelidikan Pembelian Pesawat Mirage Prabowo

Ketua TKN Bantah Ada Penyelidikan Pembelian Pesawat Mirage Prabowo

10 Februari 2024 21:32 WIB
Ketua TKN Bantah Ada Penyelidikan Pembelian Pesawat Mirage Prabowo
Ketua TKN Bantah Ada Penyelidikan Pembelian Pesawat Mirage Prabowo

TVRINews, Jakarta 

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka membantah adanya dugaan penyelidikan terkait pembelian pesawat mirage 2000-5 dari Qatar yang dilakukan oleh Prabowo. 

Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani menegaskan bahwa hal tersebut merupakan berita fitnah atau hoaks untuk menyudutkan calon Presiden nomor urut 2 dikala detik-detik pencoblosan pada pemilu 2024.

“Kita lihat memang pada akhir akhir ini makin keras, fitnah atau berita berita hoaks yang menyudutkan Pak Prabowo maupun mas gibran yang semakin keras di sana,” kata Rosan dalam konferensi persnya, Sabtu 10 Februari 2024.

Rosan mengaku bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap lembaga anti korupsi Uni Eropa The Group of States Against Corruption (GRECO). Namun, ia menyatakan tidak ditemukannya penyelidikan terkait pembelian pesawat mirage yang dimaksud. 

“Jadi tidak ada sama sekali permintaan itu karena di dalam berita yang kita baca, ada permintaan yang mereka lakukan kepada pemerintah Amerika melalui departemen of state,” ujar Rosan. 

“Saya cek langsung baik yang di washington dc maupun di kedutaan besar Amerika-Indonesia tidak pernah ada permintaan itu sama sekali. Dari ini juga menambah bukti bukti bahwa perintah itu adalah berita yang palsu, berita hoax,” lanjutnya. 

Sebelumnya, lembaga anti korupsi Uni Eropa The Group of States Against Corruption (GRECO) dikabarkan tengah melakukan pengusutan dugaan korupsi pembelian bermasalah 12 pesawat Mirage 2000-5 dari Qatar oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Capres Prabowo Subianto.

Adapun, pembelian jet tempur Mirage bekas tersebut senila 792 juta USD atau setara sekitar Rp 12,4 triliun.

Pewarta: Litania Farah Maulidia Putri
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI