RRI

PON Papua, Senam Riau Raih Dua Emas

2 Oktober 2021 07:25 WIB
PON Papua, Senam Riau Raih Dua Emas

KBRN, Pekanbaru: "Alhamdulillah", menjadi kata pertama yang terucap dari pelatih senam Riau Ahmad Markos, usai pengumuman poin yang disampai dewan juri cabang olahraga senam, dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua kategori artistik beregu putra.

Dalam pertandingan cabang senam PON Papua yang berlangsung di hari pertama pertandingan, Jumat (1/9/2021) di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Papua, Senam Riau sukses menyabet 2 medali emas,1 perak dan 1 Perunggu. 

Emas pertama diraih oleh tim beregu putera yang Riau yang menurunkan 4 pesenam andalannya yakni M Afrizal, Agung Suci Tantio Akbar, M try Syahputra, dan Ibra Elbani, berhak atas medali emas. Sementara, untuk medali perak diraih tim senam Jawa Timur dan perunggu oleh tim senam tuan rumah Papua. 

Emas senam Riau lainnya di persembahkan M Afrizal yang turun di Perorangan Serba Bisa (All Around), serta perak nya dari nomor yang sama oleh pesenam Riau, M try Syahputra. Sedangkan medali perunggu di sumbangkan dari nomor beregu putri yang diperkuat Puja Sri Syahfitri, Gariella Meta Winarto, Maharani Tsani Budianto, serta Ratisa Angina Putri.

Usai prosesi pengalungan medali, pelatih senam Riau Ahmad Markos yang ditemui RRI meluapkan kegembiraan atas torehan yang di rengkuh atlet binaannya. Sembari tersenyum, Markos mengatakan, raihan tersebut merupakan bukti kerja keras yang berbuah prestasi. 

"Alhamdullilah, seperti yang ditargetkan meraih medali emas di nomor beregu putra bisa tercapai. Untuk nomor serba bisa putra, medali emas dan peraknya pesenam Riau, sedangkan perunggunya Audi dari Papua," kata Markos, Jumat (1/10/2021).

Pertandingan cabang senam PON Papua  masih akan berlanjut 3 Oktober 2021. Senam Riau masih akan menurunkan para atlet terbaiknya bertanding di beberapa nomor final perorangan, diantara dari M try Syaputra di nomor palang tunggal, palang sejajar dan kuda pelana. kemudian Agung Suci Tantio Akbar di kuda pelana, palang sejajar dan palang tunggal. 

"Selanjutnya ada M Afrizal di kuda lompat dan gelang-gelang. Dari mereka kita harapkan sekitar 2 hingga 3 medali emas lagi. Kita harapkan doa dan dukungan masyarakat Riau agar pesenam Riau tampil maksimal dan tidak ada kendala," jelasnya. 

Sementara, salah seorang pesenam Riau, M Afrizal mengaku akan berusaha untuk bisa menambah raihan medali emas untuk kontingen Riau. Apalagi dirinya memiliki target pribadi untuk menyumbangkan 4 medali emas di PON kali ini.

"Masih turun di 3 nomor final lagi. mudah-mudahan bisa nambah lagi emasnya. aamiin," harapnya penuh optimis.

Dengan tambahan medali 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu dari cabang senam, hingga Jumat malam (1/10/2021), perolehan medali sementara kontingen Riau adalah 4 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Serta menempatkan Riau di urutan ke 6 posisi klasemen sementara PON Papua, di bawah DKI Jakarta, Papua, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali.

Pewarta: Ririn
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI