RRI

Berburu Kerajinan Khas Papua di Pasar Hamadi

2 Oktober 2021 08:45 WIB
Berburu Kerajinan Khas Papua di Pasar Hamadi

KBRN, Jayapura: Gelaran Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX 2021 Papua, mengulik berbagai hal yang berhubungan dengan tanah Papua. Salah satunya adalah tempat berburu oleh-oleh atau souvenir khas Bumi Cendrawasih.

Apabila singgah di Jayapura, tak lengkap rasanya untuk tidak berkunjung Pasar Hamadi. Pasar Hamidi merupakan salah satu pusat oleh oleh khas Papua, yang menjual aneka kerajinan seperti koteka, tas rajut dari tumbuh tumbuhan, hingga kaos. 

Para pedagang di Pasar Hamidi bukan hanya warga asli Papua saja, melainkan juga terdapat warga luar Papua, seperti orang Jawa maupun Makassar yang berjualan. Mereka memang sudah tinggal disini sejak lama, dan berdagang sebagai mata pencaharian. 

Ana, merupakan salah satu warga Jawa Timur yang sempat singgah ke Pasar Hamadi. Ia datang ke Jayapura dengan tujuan tugas kerja dalam rangka PON XX Papua.

Ia juga mengaku senang, dengan suasana Pasar Hamadi. 

"Asik pasarnya, bersih, tidak terkendala bahasa juga, wong yang jualan kayak orang Makassar. Dan barang barangnya juga bagus bagus, lucu lucu," ujarnya, Sabtu (2/10/2021). 

Pasar Hamadi, terletak di Jl. Perikanan, Jamadi, Jayapura. Buka setiap hari, mulai pukul 06.00 WIT-18.00 WIT.

Pewarta: Anik Hasanah
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI