TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ribuan Warga Binaan Coblos di Lapas Kelas 1 Cipinang

Ribuan Warga Binaan Coblos di Lapas Kelas 1 Cipinang

14 Februari 2024 13:44 WIB
Ribuan Warga Binaan Coblos di Lapas Kelas 1 Cipinang

TVRINews, Jakarta

Ribuan warga binaan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan itu, Kepala kantor wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu chuldun menjelaskan bahwa daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 2.585 orang dengan tersedia sejumlah 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Lapas Cipinang ini, itu jumlahnya ada 12 TPS dengan warga binaan yang terdata pemilih nya adalah 2.585 orang," kata Ibnu di Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

"Warga binaan yang terdata sebagai pemilih itu berjumlah 13.630 orang, dari jumlah warga binaan keseluruhan itu 14.599 orang. Artinya untuk warga binaan yang terdata sebagai pemilih itu sudah mencapai 95% lebih, tersebar di 56 TPS lokasi khusus yaitu lapas, rutan," lanjutnya.

Demikian, Ibnu menyebutkan para tahanan juga memiliki hak pilih untuk memilih.

"Seluruh bangsa Indonesia sedang melaksanakan pesta demokrasi melalui pemilihan umum (Pemilu). Meskipun mereka sebagai warga binaan atau narapidana tahanan, mereka juga punya hak untuk memilih, menentukan pilihannya," ujarnya.

Baca Juga: Warga NTT Gunakan Hak Pilih Dalam Situasi Aman dan Tentram

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI