TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Warga Binaan Lapas Kelas II A Ambon Dan Lapas Perempuan Kelas III Ambon Ikut Mencoblos Pada Pemilu 2024

Warga Binaan Lapas Kelas II A Ambon Dan Lapas Perempuan Kelas III Ambon Ikut Mencoblos Pada Pemilu 2024

14 Februari 2024 14:23 WIB
Warga Binaan Lapas Kelas II A Ambon Dan Lapas Perempuan Kelas III Ambon Ikut Mencoblos Pada Pemilu 2024

TVRINews, Ambon

Proses pemungutan suara di lapas kelas II A Ambon yang merupakan TPS Khusus berjalan dengan lancar. Di kelas II A Ambon ini tersedia 2 buah tps yang nantinya 401 orang warga binaan akan menyalurkan hak pilihnya. Selain warga binaan, sebanyak 36 orang pegawai yang bertugas di hari itu juga akan menyalurkan hak suaranya di lapas ini.

Perlu diketahui bahwa mantan pejabat publik seperti Ex Walikota Ambon Richard Louhanapessy dan Ex Bupati Buru Selatan Tagop Soulissa juga menggunakan hak suaranya di TPS khusus lapas kelas II A Ambon. 

"Iya semuanya menyalurkan sauranya , sementara di dalam antri tanpa terkecuali eh namanya ada." Jelas Mukhtar, Kalapas Kelas II A Ambon.

Sementara sebanyak kurang lebih 50  warga binaan yang sudah dinyatakan bebas juga melakukan pemungutan suara di lapas karena merupakan DPT di TPS lapas khusus kelas II A Ambon. 

"Iya termasuk juga warna binaan kita yang sudah bebas ya memang TPS nya disini tetap kita akomodir , ada 50 orang barang kali namun sementara hingga pagi ini belum ada yang datang , ya kalau datang kita akan akomodir." lanjut Mukhtar. 

Sementara itu sebanyak 91 orang yang akan menggunakan hak suaranya di Lapas Perempuan Kelas III Ambon ini.  Jumlah tersebut merupakan warga binaan yang petugas KPPS maupun linmas yang masuk kategori daftar pemilih tetap. 

"Kami juga menyediakan TPS Khusus , 1 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak untuk DPT 47, DPTB nya 44 jumlah total 91 yang 47 ini DPT Termasuk Di Dalamnya Adalah petugas KPPS dan juga petugas linmas dan juga warga binaaan yang sudah melkasankann pembebasan bersayray sebanyak 12 orang." Ungkap  Fifi Firda selaku Kalapas Perempuan  Kelas III Ambon.

Proses pemungutan suara yang sudah dimulai dari jam 7 pagi di Lapas Perempuan di Negeri Lama, kota Ambon ini berjalan dengan lancar. Pantauan TVRI pada pagi hari bahwa masih ada nya kekurangan  kotak suara namun hal tersebut telah dikoordinasikan dengan Ketua Kpps dengan pihak KPU sebelum jadwal pemungutan suara berakhir. 

"Untuk sampai saat ini mungkin kendalanya seharusnya kertas suaranya 91 namun yang dialokasikan kepada kami baru 48, tadi Ketua KPPS telah berkoordinasi dengan KPU untuk penambahan kotak suara . Hari ini juga akan diturunkan karena sudah berkoordinasi langsung supaya hari ini kami tunggu yang kami dahulukan adalah DPT, sementara DPTB nya menunggu kertas suara nya datang." Jelas Fifi Firda.

Fifi Firda selaku Kalapas Perempuan  Kelas III  Ambon mengungkapkan bahwa antusiasme warga binaan yang berada di lapas perempuan ini, sangat tinggi  untuk menggunakan hak suaranya. Hal ini terlihat dari warga binaan sudah siap dan mengantri  dari pagi jam 07. 00 WIT untuk mengikuti proses pencoblosan hari ini.

"Ya mereka sangat antusias, pagi-pagi sudah antri, biasanya mereka siap-siap wah semangat sekali, kan ini Pesta Demokrasi jadi kalian bisa lihat mereka senyumnya sumringah luarbiasa." Tambahnya.

Baca Juga: 1500 Penghuni Lapas Dan Rutan Di Maluku Gunakan Hak Suaranya Pada Pemilu 2024

Pewarta: Arny Sinurat
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI