TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Meriahkan Pemilu, Petugas TPS di Banua Supanggal Kalsel Berpakaian Khas Warga India

Meriahkan Pemilu, Petugas TPS di Banua Supanggal Kalsel Berpakaian Khas Warga India

14 Februari 2024 20:22 WIB
Meriahkan Pemilu, Petugas TPS di Banua Supanggal Kalsel Berpakaian Khas Warga India

TVRINews, Barabai

Berbagai macam cara ditunjukan guna meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Misalnya, penerapan pakaian dan tema desain tempat pemungutan suara (TPS) yang unik dan mencolok.

Seperti yang dilakukan para panitia di TPS 001 desa Banua Supanggal, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Panitia sepakat mengusung tema TPS yang bernuansa tradisional dan modern, Rabu,14 Februari 2024.

Petugas perempuan mengenakan pakaian dan pernak-pernik ala warga India, sedangkan para petugas laki-laki kompak mengenakan topi purun yang identik dengan warga pedesaan.

Panitia juga mendesain latar belakang untuk  bilik suara dan kotak suara seperti suasana acara syukuran warga Banjar. 

Guna meningkatkan partisipasi masyarakat, pihak panitia juga mengadakaan doorprize berupa perlengkapan dapur.

Semua hadiah itu nantinya akan diundi usai penghitungan suara di TPS. 

Salah seorang anggota Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (PPS) desa Banua Supanggal, Sanitha Adriati, mengungkapkan bahwa penggunaan pakaian ala warga India itu juga sekaligus cara santai menanggapi bercandaan netizen di sosial media yang beranggapan petugas KPPS memiliki gajih jutaan perhari. 

"Anggap saja petugas KPPS di TPS 001 desa Banua Supanggal bisa mendatangkan warga India," ujar Sanitha sembari bercanda. 

Sanitha berseloroh, tujuan lain selain meramaikan suasana TPS juga untuk menyemangati rekan-rekannya yang bertugas sebagai petugas KPPS. 

"Pada intinya kami turut meramaikan Pemilu tahun 2024 dan berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat," jelasnya. 

Sanitha bersama rekan-rekannya di TPS 001 desa Banua Supanggal turut mengharapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berjalan lancar dan sukses. 

Untuk sekedar diketahui, daftar pemilih tetap (DPT) di tps 001 berjumlah 235 orang, dan untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) berjumlah tiga orang.

Secara umum, total pemilih di Kabupaten HST berjumlah 194.922 orang. Jumlah ini terdiri dari 97.118 pemilih laki-laki dan 97.804 pemilih perempuan.

Pewarta: Akhmad Rizky
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI