TVRI

Prabowo-Gibran Sambut Massa Pendukung di Istora

14 Februari 2024 20:28 WIB
Prabowo-Gibran Sambut Massa Pendukung di Istora
Prabowo-Gibran Sambut Massa Pendukung di Istora

TVRINews, Jakarta 

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2024 untuk menyapa massa pendukungnya.

Hal ini mengikuti hasil quick count yang sudah mendekati 100 persen pasca pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu). Prabowo-Gibran disebutkan unggul dengan torehan suara 57-58 persen.

Prabowo-Gibran berangkat dari Kertanegara sekitar pukul 19.19 WIB dan tiba di Istora pada pukul 19.30 WIB yang disambut sangat meriah oleh massa pendukungnya.

Berdasarkan pantauan tvrinews.com di lokasi, keduanya tampak kompak mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak warna putih-biru muda. Massa pendukung pun meluapkan kegembiraannya dengan bernyanyi dan menari bersama.

Menurut Litbang Kompas yang sudah menjalin kerja sama dengan LPP TVRI, Prabowo-Gibran unggul dengan 58,70 persen.

Disusul oleh paslon nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan torehan suara 25,30 persen. Sementara paslon nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sejauh ini telah mengumpulkan 16 persen. Dengan total suara masuk sebanyak 82 persen.

Jika hasil ini terjadi pada Pemilu yang sebenarnya, maka pemilihan presiden dipastikan selesai dalam satu putaran. 

Aturan tersebut terlihat dalam Undang-Undang Pemilu Pasa 416 Ayat 2 yang berbunyi pemilu putaran kedua dilakukan jika tidak ada salah satu paslon yang berhasil memperoleh jumlah suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam Pilpres dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Pelaksanaan pemilu putaran kedua diikuti oleh paslon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua. 

Selanjutnya, paslon yang memperoleh suara terbanyak dalam putaran kedua tanpa perlu lagi mempertimbangkan persebaran perolehan suara (lebih dari 50 persen), dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Pewarta: Christhoper Natanael Raja
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI