TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sempat Tertunda Akibat Cuaca, KPUD NTT Pastikan Pemilu di Provinsi NTT Dapat Teratasi

Sempat Tertunda Akibat Cuaca, KPUD NTT Pastikan Pemilu di Provinsi NTT Dapat Teratasi

14 Februari 2024 20:25 WIB
Sempat Tertunda Akibat Cuaca, KPUD NTT Pastikan Pemilu di Provinsi NTT Dapat Teratasi
Sempat Tertunda Akibat Cuaca, KPUD NTT Pastikan Pemilu di Provinsi NTT Dapat Teratasi

TVRINews, Kupang

Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di wilayah Nusa Tenggara Timur meski sempat Tertunda akibat cuaca buruk dan terjadi sejumlah kendala, namun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi NTT memastikan kegiatan Pesta demokrasi Pemilu di NTT tetap berjalan setelah semua persoalan itu dapat teratasi.

"Pasca konsolidasi dengan KPU Kabupaten/Kota, Ketua KPU Provinsi NTT memastikan pelaksanaan Pemilu di wilayah NTT berjalan dengan lancar hingga pukul 19.00 Wita. Tidak terdapat kendala maupun hal-hal menonjol lainnya dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di daerah," ungkap Ketua KPUD NTT Jemris Fointuna pada Rabu, 14 Februari 2024.

Menurutnya, terdapat sejumlah kendala-kendala yang sempat dialami oleh KPPS seperti TPS yang rusak dan proses pemungutan suara yang bergeser hingga sore hari yang diakibatkan oleh cuaca buruk di beberapa TPS di Kabupaten/Kota.

Namun demikian, pemilih telah melakukan pendaftaran di bawah pukul 13.00 Wita sehingga tetap dilayani oleh petugas.

"Dari hasil koordinasi dengan KPUD Kabupaten/Kota semua kendala itu dapat kita atasi", jelas Jemris.

Selain kendala-kendala tersebut lanjut Mantan ketua Banwaslu NTT ini terjadi juga kekurangan logistik surat suara di beberapa TPS, dapat segera diatasi oleh KPPS yang berkoordinasi dengan TPS sekitar untuk pergeseran surat suara dari TPS terdekat. 

Sampai dengan saat ini terpantau semua TPS telah melaksanakan proses pemungutan hingga perhitungan dengan lancar dan aman.

Pewarta: Thomy Mirulewan
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI