TVRI

Gibran Ingin Bertemu Paslon 01 dan 03

14 Februari 2024 22:05 WIB
Gibran Ingin Bertemu Paslon 01 dan 03

TVRINews, Jakarta

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka berniat untuk menemui pasangan calon presiden dan calon wakil presiden lainnya setelah hari pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam hal ini adalah paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Hal itu diungkapkan setelah dirinya mengetahui hasil quick count yang memenagi pasangan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2024.

"Saya juga secara pribadi ingin segera sowan (bertemu/menghadap) ke paslon nomor 1, paslon nomor 3," kata Gibran dalam pidatonya, Rabu, 14 Februari 2024.

Sebagai informasi, dari hasil quick dari berbagai sumber, Prabowo-Gibran unggul dengan 57-58 persen. Disusul oleh paslon nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan torehan suara 25-26 persen. Sementara paslon nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sejauh ini telah mengumpulkan 16 persen. Dengan total suara masuk sebanyak 100 persen.

Jika hasil ini terjadi pada Pemilu yang sebenarnya, maka pemilihan presiden dipastikan selesai dalam satu putaran. Aturan tersebut terlihat dalam Undang-Undang Pemilu Pasa 416 Ayat 2 yang berbunyi pemilu putaran kedua dilakukan jika tidak ada salah satu paslon yang berhasil memperoleh jumlah suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam Pilpres dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Pelaksanaan pemilu putaran kedua diikuti oleh paslon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua. Selanjutnya, paslon yang memperoleh suara terbanyak dalam putaran kedua tanpa perlu lagi mempertimbangkan persebaran perolehan suara (lebih dari 50 persen), dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Pewarta: Christhoper Natanael Raja
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI