TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Sebut Ada Serangan Siber Massal Terhadap Situs Web

KPU Sebut Ada Serangan Siber Massal Terhadap Situs Web

15 Februari 2024 11:30 WIB
KPU Sebut Ada Serangan Siber Massal Terhadap Situs Web
KPU Sebut Ada Serangan Siber Massal Terhadap Situs Web

TVRINews, Jakarta

KPU menyampaikan bahwa terdapat serangan siber yang terjadi pada situs website KPU, dengan ratusan juta serangan dalam bentuk Denial of Service (DOS).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU, Betty Epsilon saat memberikan tanggapan terkait isu situs kpu.go.id yang tidak bisa diakses.

"Jadi bentuk serangan ke website kpu sudah terjadi dan ini luar biasa jumlahnya. Ada ratusan juta di DOS itu menyerang, saya ngga bilang puluhan, bukan satuan. Tapi ratusan juta serangan ke website kpu, luar biasa," kata Betty di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Februari 2024, malam hari.

Lebih lanjut, Betty menyebutkan serangan tersebut terjadi pada berbagai situs yang dimiliki oleh KPU, bukan hanya pada satu situs saja.

"Hampir semua situs yang dimiliki kpu diserang dan memang diwebsite KPU.go.id ini lumayan," ujarnya.

Meskipun begitu, Betty menyampaikan bahwa tim satgas keamanan siber telah siap melakukan penanganan sejak serangan terjadi, dan upaya penanganan telah dilakukan sejak awal.

"Nah pada kondisi itu memang langsung dilakukan penanganan oleh kpu satgas keamanan siber pun sudah standby. Saya langsung cross check kerja teman teman luar biasa untuk menangani ini," ucapnya.

"Alhamdulillah hari ini sekarang sudah mulai recovery untuk website kpu.go.id. Jadi mudah mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh kpu," lanjutnya.

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI