TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Delegasi Parlemen Dunia Nilai Proses Pemilu 2024 Terbuka Adil Dan Transparan

Delegasi Parlemen Dunia Nilai Proses Pemilu 2024 Terbuka Adil Dan Transparan

15 Februari 2024 23:58 WIB
Delegasi Parlemen Dunia Nilai Proses Pemilu 2024 Terbuka Adil Dan Transparan

TVRINews, Badung

Sejumlah  Perwakilan Delegasi Parlemen Negara Dunia Dan Organisasi Internasional Datang Ke Bali Untuk Memantau Penyelenggaraan Pemilu.

Para Delegasi Menilai Proses Pemilu Serentak 2024 Di Indonesia Telah Berlangsung Secara Terbuka, Adil Dan Transparan. 

Sebanyak 33 Delegasi Dari 16 Parlemen Negara Dan 3 Organisasi Internasional Datang Ke Bali, Untuk Memantau Penyelenggaraan Pemilu Presiden Dan  Legislatif 2024.

Melalui Program Election Observer Visit Yang Digagas Sekretariat Jenderal DPR RI, Para Delegasi Berkesempatan Melihat Langsung Proses Perhitungan Suara Di Sejumlah TPS Di Kabupaten Badung, Yakni TPS 54,  55 Dan 56 Di Lingkungan Mumbul, Kelurahan Benoa, Kuta Selatan, Badung, pada Rabu, 14 Februari 2024. 

Para Delegasi Antusias Mempelajari Sekaligus Mengamati Pelaksanaan Pemilu Di Indonesia, Sebagai Salah Satu Pemilu Terbesar Di Dunia Yang Memiliki Daya Tarik Tersendiri.

Proses Pungut Hitung Suara Pemilu Serentak 2024 Di Indonesia Pun Dinilai Telah Berlangsung Secara Terbuka dan Adil. 

“Saya pikir ini adil, karena [demokrasi -red] tidak dirahasiakan. Keterbukaan ini sangat berarti, artinya transparansi. Dan inilah cara dan tujuan pemilu yang diharapkan oleh masyarakat di seluruh negeri)” ucap Member of Parleament Lao Pdr, Chanthavong Saenamadmonty. 

“Indonesia Melakukan Pekerjaan Yang Luar Biasa, Persaingan Yang Adil, Akses Yang Adil Terhadap Media, Apa Yang Paling Menarik Organisasi, Organisasi Tingkat Tinggi, Pegawai Yang Kompeten Yang Menerima Pemilih, Membimbing Mereka Dan Saya Berpikir Untuk Mengembangkan Demokrasi Seperti Indonesia Ini Benar-Benar Sesuatu Yang Saya Merekomendasikannya).” Ucap Diplomatic Corps Syrian Arab Republic Abdulmonem Annan.

Di Kabupaten Bangli, Anggota Delegasi Parlemen Dunia Melihat Langsung Pemungutan Suara di TPS 09, Balai Banjar Penglipuran Di Bangli. Dengan Ciri Khas Adat Dan Budaya Bali, Seluruh Delegasi Tampak Larut Dalam Suasana Dan Antusias Mengikuti Proses Pencoblosan. 

Sebanyak 18 Anggota Delegasi Dengan Seksama Menyaksikan Proses Pemungutan Suara Pemilu 2024, Proses Pemilihan Juga Mencerminkan Adat Budaya Bali, Baik Pakaian Aksesoris Dan Yang Lainnya. 

“Beberapa hal yang mereka sampaikan ke saya, mereka sangat interest, mereka sangat senang, karena berbeda di Bali ini karena budayanya, menggunakan pakaian adat kemudian bagaimana culture nya yang bagus, alatnya juga bagus. Dan mereka bilang bahwa kita banyak melakukan terobosan terobosan yang membuat pemilu ini jauh lebih baik", terang Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada DPR yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk menyaksikan dan mengamati pemilu di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia ini. Saya ingin memuji dan semua petugas terkait telah melakukan pengaturan yang sangat baik)," ungkap Member of Parleament Pakistan Mohamad Ali.

Pewarta: Indra Wijaya
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI