TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jokowi Minta Agar Kecurangan Pemilu Segera Dilaporkan, Anies: Kami Sedang Mengumpulkan Fakta

Jokowi Minta Agar Kecurangan Pemilu Segera Dilaporkan, Anies: Kami Sedang Mengumpulkan Fakta

16 Februari 2024 15:01 WIB
Jokowi Minta Agar Kecurangan Pemilu Segera Dilaporkan, Anies: Kami Sedang Mengumpulkan Fakta
Foto: Calon Presiden (Capres) dengan nomor urut 01, Anies Baswedan usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Azhar, Jumat, 16 Februari 2024. (TVRINews/Nirmala Hanifah)

TVRINews, Jakarta

Calon Presiden (Capres) dengan nomor urut 01, Anies Baswedan buka suara terkait ungkapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan jika ada kecurangan pemilu segera kirimkan bukti kirim ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Iya memang begitu. Karena itu, saya sampaikan kepada semua kumpulkan saja fakta-fakta kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan dan itu yang perlu kita tunjukkan kepada nanti Bawaslu dan juga tim hukum prosesnya,” kata dia usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Azhar, Jumat, 16 Februari 2024.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jika terjadi kecurangan saat pemilihan umum (pemilu) pada 14 Februari 2024. Maka, segera melakukan prosedur pelaporan yang tersedia melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ya mengenai kecurangan. Caleg itu ada saksi di TPS. Partai ada saksi di TPS. Capres Cawapres kandidat ada saksi di TPS. di TPS ada Bawaslu. Aparat juga ada di sana. Terbuka untuk diambil gambarnya," kata dia, Kamis, 15 Februari 2024.

Selain itu, Jokowi menuturkan jika hal tersebut tak bisa terselesaikan. Maka segera lakukan ada prosedur pelaporan dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya kira pengawasan yang berlapis-lapis seperti ini akan menghilangkan adanya kecurangan. Tapi kalau memang ada betul ada mekanisme untuk ke Bawaslu, mekanisme nanti persidangan di MK," ujarnya.

"Sudah diatur semuanya. Janganlah teriak-teriak curang. Ada bukti langsung bawa ke Bawaslu, ada bukti bawa ke MK," tegas Jokowi.

Baca Juga: Lakukan Pertemuan dengan Surya Paloh, Anies: Kami Bicarakan Situasi Pemilu

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI