TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Sebut Terdapat Gangguan Dalam Sistem Sirekap Sejak Hari Pencoblosan

KPU Sebut Terdapat Gangguan Dalam Sistem Sirekap Sejak Hari Pencoblosan

20 Februari 2024 13:07 WIB
KPU Sebut Terdapat Gangguan Dalam Sistem Sirekap Sejak Hari Pencoblosan
KPU Sebut Terdapat Gangguan Dalam Sistem Sirekap Sejak Hari Pencoblosan

TVRINews, Jakarta

Anggota Komisi Pemilihan Umum KPU, Betty Epsilon Idroos menyampaikan bahwa terdapat gangguan yang terjadi pada penggunaan teknologi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang muncul sejak hari pencoblosan yakni Rabu, 14 Februari 2024. 

"Gangguan terhadap sistem Sirekap terjadi mulai tanggal 14 Februari 2024 yang angka (trafik pengunjung)-nya meninggi dan salah satunya adalah gangguan Distributed Denial of Service (DDoS)," kata Betty dalam jumpa pers di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin, 19 Februari 2024.

Pada kesempatan tersebut, Betty mengungkapkan bahwa KPU bersama tim gugus tugas cyber terus berupaya menangani gangguan itu sampai hari ini. 

"KPU memerlukan dukungan untuk memajukan pesta demokrasi yang jujur dan adil melalui sistem informasi kepemiluan yang dapat diakses oleh publik secara mudah, cepat, tepat, transparan, dan akuntabel," ujar Betty.

Meski begitu, Betty mengaku bersyukur tidak ada isu keterlambatan petugas untuk merekap dan menginput C1 plano dalam bentuk gambar. Betty mengajak masyarakat turut sektar dalam mengawal hasil pemiliu.

Menurut Betty, Sirekap dilindungi oleh Web Application Firewall (WAF) dan anti-DDoS. Dia mengklaim perlindungan itu mampu memberikan pembersihan trafik secara efisien dan melindungi sistem pada saat akses ke aplikasi sangat tinggi. 

Betty menjelaskan, Distributed Denial of Service atau DDoS merupakan serangan siber yang terjadi dengan cara membanjiri server dengan fake traffic internet yang diharapkan bisa melumpuhkan surver.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI