TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Telah Lakukan Koreksi Data Sirekap, Total 154.541 TPS Dikoreksi

KPU Telah Lakukan Koreksi Data Sirekap, Total 154.541 TPS Dikoreksi

29 Februari 2024 12:12 WIB
KPU Telah Lakukan Koreksi Data Sirekap, Total 154.541 TPS Dikoreksi
KPU Telah Lakukan Koreksi Data Sirekap, Total 154.541 TPS Dikoreksi

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah melakukan proses koreksi data Anomali dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dengan total 154.541 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah dikoreksi. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari yang menyebutkan bahwa itu dilakukan terkait dengan koreksi data perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ia juga mengatakan data anomali yang dimaksud merupakan angka perolehan suara di Sirekap yang tidak sesuai dengan formulir C hasil.

"(Perolehan suara) pilpres sebanyak 154.541 TPS (telah diperbaiki)," kata Hasyim dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 29 Februari 2024.

Lebih lanjut, Hasyim juga mengungkapkan bahwa KPU telah melakukan proses koreksi data tersebut secara bertahap sejak 15 Februari 2024. Ia juga mengatakan bahwa selain perolehan suara pilpres, koreksi suara juga dilakukan terhadap data dalam perolehan suara Pileg nasional dan daerah.

"Pemilu DPR RI 13.767 TPS dan pemilu DPD RI 16.450 TPS (yang sudah dikoreksi)," ujarnya.

"Sementara untuk temuan data anomali dan hasil koreksinya untuk DPRD provinsi itu dikerjakan KPU provinsi dan pemilu anggota DPR kabupaten/kota dikerjakan KPU kabupaten/kota," jelasnyaa 

Sebagai Informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, memulai Rapat Pleno Proses Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara secara Nasionsl sebagai bentuk tahapan dalam penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan rapat pleno tersebut digelar di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, yang juga disiarkan langsung melalui Kanal YouTube KPU RI. Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh para saksi dari partai politik serta pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI