TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • PDIP Minta DPR Sikapi Wacana Hak Angket Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

PDIP Minta DPR Sikapi Wacana Hak Angket Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

5 Maret 2024 13:35 WIB
PDIP Minta DPR Sikapi Wacana Hak Angket Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu 2024
PDIP Minta DPR Sikapi Wacana Hak Angket Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

TVRINews, Jakarta

Anggota DPR RI Fraksi PDIP Aria Bima meminta agar pimpinan DPR RI menyikapi dengan serius adanya wacana hak angket terkait dugaan kecurangan di Pemilu 2024.

"Kami berharap pimpinan menyikapi hal ini, mau mengoptimalkan pengawasan fungsi atau interpelasi atau angket, ataupun apapun supaya pemilu ke depan, kualitas pemilu ke depan," kata Aria Bima saat menginterupsi rapat paripurna, di gedung DPR RI, Senayan, Selasa, 5 Maret 2024.

Aria menilai saat ini pengawasan DPR RI pada Pemilu 2024 tak ada marwahnya. Padahal, kata dia, kecurangan sudah terlihat sejak awal pelaksaan Pemilu.

Baca Juga: Buka Masa Persidangan DPR RI, Waket DPR RI Sufmi Dasco Singgung Mahalnya Kebutuhan Pokok

"Itu harus ada hak-hak yang dilakukan dengan koreksi, mengkoreksi aturan-aturan kita, maupun mengoptimalkan pengawasan kita sebagai anggota legislatif yang tidak ada taringnya, yang tidak ada marwahnya dalam pelaksanaan pemilu hari ini. Walaupun tanda-tandanya sudah keliatan sejak awal," ucap tegas Aria.

Aria menambahkan bahwa, pemilu adalah perwujudan kedaulatan rakyat, oleh karena itu tidak ada satu pun kekuatan yang merebut apalagi sampai menghancurkan.

Baca Juga: Gelar Rakor Kesiapan Arus Lalin Mudik-Balik Lebaran 2024, Korlantas Prediksi Jumlah Pemudik Alami Peningkatan

Karena ini terkait dengan daulat rakyat maka pemilu harus berdasar pada prinsip kejujuran, keadilan, tanggung jawab dan etika yang tinggi.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI